Jakarta (ANTARA) - PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS), perseroan penyedia jasa logistik dan transportasi laut di Indonesia meraih Katadata Green Initiative Award (KGIA) 2024, seusai komitmen menerapkan lingkungan kerja yang ramah lingkungan untuk mengurangi emisi.

"Penghargaan ini untuk sektor logistik dalam rangkaian Katadata Sustainability Action for Future Economy (SAFE) 2024 yang diselenggarakan oleh Katadata," kata Direktur Operasi PT HIS Laorentina Devi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dia menyampaikan, penghargaan tersebut diberikan atas inisiasi HIS untuk mendukung keberlanjutan dan peningkatan kinerja lingkungan melalui implementasi armada ramah lingkungan untuk mengurangi emisi.

Penghargaan diberikan oleh Co-founder/ Chief Operating Officer Katadata Ade Wahyudi kepada Corporate Secretary PT HIS Rengga Temenggung, yang mewakili Direksi PT Hasnur Internasional Shipping Tbk pada acara malam penghargaan Katadata Green Initiative Award 2024 Rabu (7/8) di salah satu hotel Jakarta.

“Kami berterima kasih atas apresiasinya terhadap inisiatif kami untuk memulai operasi armada kapal yang lebih ramah lingkungan," ujarnya.

Ia mengaku, penghargaan itu menjadi penyemangat bagi pihaknya untuk mengimplementasikan green shipping yang lebih luas dan optimal lagi. Selain berbagai program terkait lingkungan lainnya, sehingga dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan.

Dia juga mengatakan bahwa penghargaan ini ditujukan sebagai kado khusus bagi Hasnur Group, perusahaan induk (holding company) HIS, yang akan berulang tahun ke-58 pada 27 Agustus 2024.

Penghargaan itu pula, lanjut Laorentina, sesuai dengan tema HUT ke-58 Hasnur Group yakni 'Innovation for Sustainable Future' di mana inovasi dalam operasional bisnis dapat berdampak positif terhadap penciptaan bisnis yang berkelanjutan dan mendukung pewujudan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Yang salah satunya memiliki manfaat untuk lingkungan hidup," tuturnya.

HIS, tambah Laorentina, memiliki perhatian khusus terhadap operasi bisnis perusahaan yang berkelanjutan, khususnya terkait kegiatan operasional armada kapal yang lebih ramah lingkungan.

Pada tahap awal hal itu diwujudkan melalui implementasi panel surya di beberapa armada kapal baru perusahaan untuk mendukung kebutuhan kelistrikan pada operasional armada.

"Dengan implementasi panel surya ini, kebutuhan kelistrikan di armada yang sedang beroperasi dapat dipasok oleh listrik yang dihasilkan panel surya tersebut sehingga pada akhirnya dapat mengurangi penggunaan BBM atau solar,” jelasnya.

Keseriusan terhadap operasi bisnis pelayaran yang berkelanjutan itu juga dituangkan HIS melalui rencana penyelenggaraan konferensi dan seminar terkait implementasi green shipping di Indonesia yang melibatkan regulator, pemangku kepentingan di industri pelayaran subsektor tugboat dan barge pada akhir Agustus 2024.

Selain pada kegiatan operasional, HIS juga melaksanakan berbagai program corporate social responsibility yang berlandaskan prinsip berkelanjutan, seperti program terkait lingkungan hidup yaitu penanaman 10.000 bibit pohon di Banjarmasin.

"Dan program terkait sosial yaitu edukasi dan layanan kesehatan di area Kalimantan Selatan, pelatihan kewirausahaan kepada penyandang disabilitas, pembagian sembako, dan lainnya," ungkap Laorentina.

Katadata Green Initiative Award (KGIA) merupakan penghargaan yang diberikan oleh Katadata Insight Center (KIC) kepada perusahaan yang memiliki inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

KGIA merupakan bagian dari Katadata Sustainability Action for the Future Economy (SAFE) 2024 dengan tema “Indonesia Ecosphere”.

Selain penghargaan juga terdapat forum diskusi serta pameran tentang berbagai perkembangan dan inovasi keberlanjutan, ajang pameran berbagai inovasi hijau terkini.


 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024