Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menjalin kerja sama dengan PT CT Corpora (CT Corp) untuk pengembangan energi hijau di lingkungan bisnis CT Corp, dengan tujuan  mendukung kebutuhan sektor industri sebagai upaya mendorong target nol emisi karbon (Net Zero Emissions/NZE) pada 2060.
 
 
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan, pihaknya siap memacu pengembangan energi hijau yang dilaksanakan CT Corp, sebagai upaya menjawab tantangan perubahan iklim dan mendorong implementasi ekonomi hijau.
 
 
Selain itu, kerja sama tersebut sekaligus membuktikan komitmen PLN dalam menghadirkan energi hijau yang andal bagi sektor industri demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
 
"Tugas kita bersama adalah bagaimana memastikan kehidupan generasi mendatang lebih baik dari hari ini. Kolaborasi ini adalah suatu fondasi bagaimana CT Corp dan PLN bisa menyelaraskan gerak langkahnya menatap masa depan yang lebih cerah lagi. Perjalanan transisi energi apabila dilakukan sendiri-sendiri tentu saja berat, namun jika dilakukan dalam suasana kebersamaan dan kolaborasi maka upaya ini dapat lebih mudah dicapai," katanya.
 
 
Dirinya menyampaikan kerja sama yang dikukuhkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani oleh dirinya dan Chairman and Founder CT Corp Chairul Tanjung di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/8),  menekankan kolaborasi pengembangan infrastruktur kendaraan listrik dan layanan energi bersih melalui sertifikasi energi terbarukan (Renewable Energy Certificate/REC).
 
Lebih lanjut, Chairman and Founder CT Corp Chairul Tanjung mengapresiasi sinergi pengembangan energi hijau yang dilakukan PLN dalam bidang kelistrikan.
 
Menurut dia, hal ini sejalan dengan upaya transformasi perusahaan yang dipimpinnya untuk menjadi korporasi yang lebih hijau, dengan menggunakan listrik dari energi baru terbarukan (EBT) berbasis surya di tiga lokasi Trans Studio Mall yaitu Makassar, Bandung, dan Cibubur.
 
Ia juga menyampaikan, melalui kerja sama ini, CT Corp akan mengakselerasi program-program ekonomi hijau dengan penyediaan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh outlet yang tersebar di Indonesia.
 
"Kerja sama ini bukan hanya terkait masalah kelistrikan. Jadi ini satu terobosan baru bahwa PLN yang biasanya hanya berkiprah di bidang kelistrikan, sekarang di bawah pimpinan Pak Darmo (Darmawan) itu mengembangkan beyond listrik,” katanya.

Baca juga: PLN berkomitmen ikut percepatan transisi energi

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024