Islamabad (ANTARA) - Populasi burung bayan (parakeet/parkit) liar di Pakistan menghadapi krisis serius, dan para ahli memperingatkan bahwa burung ikonik ini bisa segera hilang dari hutan dan dataran negara tersebut.

Tingginya permintaan untuk perdagangan hewan peliharaan ilegal, ditambah dengan hilangnya habitat secara bertahap, telah menyebabkan penurunan dramatis jumlah burung bayan selama dekade terakhir, menjadikannya kandidat utama untuk kepunahan dalam beberapa tahun mendatang.

“Skala perdagangan ilegal burung bayan sangat besar di Pakistan karena tingginya permintaan untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan, yang mendorong para pemburu untuk menangkapnya dari alam liar dalam jumlah besar,” kata Rab Nawaz, seorang pejabat senior di World Wide Fund for Nature (WWF) Pakistan.

Berbicara kepada Anadolu, dia mengatakan bahwa selama 10 tahun terakhir, tingginya permintaan untuk burung bayan liar yang diperdagangkan secara ilegal telah menyebabkan penurunan signifikan dalam jumlah burung ini, yang dulunya biasa terlihat di alam liar.

Menggaungkan hal ini, Anis Rehman, seorang ahli satwa liar yang berbasis di ibu kota Islamabad, menggambarkan penyelundupan burung bayan sebagai "sangat marak", meluas di wilayah perbatasan dengan India di Kashmir yang dikelola Pakistan, atau Azad Jammu dan Kashmir, serta di bagian tengah dan selatan provinsi Punjab.

Dia mengatakan bahwa burung bayan yang ditangkap di daerah-daerah tersebut dijual ke pasar hewan peliharaan lokal dan internasional dengan jumlah uang yang signifikan, termasuk oleh komunitas lokal, yang secara aktif terlibat dalam perburuan dan perdagangan ini.

Banyak yang meninggalkan pekerjaan rutin mereka selama musim puncak untuk menangkap dan menjual burung-burung tersebut, tambah Rehman.

Risiko Kepunahan

Hilangnya habitat adalah faktor utama lainnya yang mendorong penurunan populasi burung bayan.

Burung-burung ini bergantung pada pohon tua yang mati dengan lubang-lubang untuk membangun sarangnya, tetapi pohon-pohon ini sering ditebang sembarangan oleh orang-orang yang tidak menyadari peran ekologis penting mereka.

“Pohon tua yang mati ditebang karena dianggap tidak berguna, tetapi orang tidak menyadari pentingnya secara ekologis karena mereka menyediakan tempat bersarang bagi banyak spesies burung termasuk burung bayan,” jelas Mubeenullah Mobeen dari Himalayan Wildlife Foundation.

Pakistan adalah rumah bagi empat spesies burung bayan, dengan bayan Alexandrine menjadi yang paling umum. Namun, populasinya, bersama dengan sepupu-sepupunya yang berleher mawar, berkepala abu-abu, dan berkepala plum, telah mengalami penurunan tajam.

“Burung bayan dulu sering ditemukan dalam jumlah besar di dataran dan daerah pegunungan Punjab, Sindh, dan Azad Kashmir. Namun sekarang, populasinya telah berkurang dan distribusinya terbatas hanya pada beberapa daerah perbatasan,” kata Nawaz.

Nawaz mencatat bahwa keempat spesies asli tersebut kini terancam punah secara lokal, meskipun tidak ada survei terbaru yang dilakukan untuk memperkirakan jumlah populasinya yang pasti.

Rehman, yang juga merupakan ketua pendiri Dewan Pengelolaan Satwa Liar Islamabad, memperingatkan bahwa jika tidak ada upaya serius untuk memulihkan populasi burung bayan, mereka akan segera menghadapi risiko kepunahan yang nyata.

“Jumlah burung bayan saat ini hanyalah sebagian kecil dari jumlah burung nuri liar yang kita miliki sekitar 25-30 tahun yang lalu,” katanya.

Para ahli memperingatkan bahwa jika tindakan mendesak tidak diambil untuk mengekang perburuan dan penyelundupan, serta melindungi habitat burung bayan yang semakin berkurang, burung-burung ini bisa segera lenyap dari alam liar sepenuhnya.

“Jika kita tidak melakukan sesuatu sekarang, kemungkinan besar kita tidak akan menemukan burung bayan lagi di alam liar,” kata Rehman.

Penting untuk Habitat

Menyoroti peran penting burung bayan dalam ekosistem mereka melalui penyebaran biji dan regenerasi hutan alami, para ahli menyerukan langkah-langkah ketat terhadap perburuan dan penyelundupan untuk memulihkan populasi mereka.

“Kotoran mereka membawa biji dari satu tempat ke tempat lain, menyebabkan penyebaran alami hutan asli,” kata Rehman tentang burung-burung ini, yang sebagian besar memakan buah-buahan liar.

Dia memperingatkan bahwa kepunahan burung bayan bisa menyebabkan “tidak ada lagi penyebaran hutan alami” di negara ini.

Bagi Nawaz, solusinya terletak pada larangan ketat terhadap perburuan dan penyelundupan burung bayan hingga populasinya pulih.

“Jika tekanan perburuan bisa dibatasi, populasi (burung bayan) bisa pulih dalam beberapa tahun,” katanya.

Sumber: Anadolu-OANA
Baca juga: Pakistan kehilangan populasi burung gereja, indikator kualitas udara
Baca juga: Dicurigai Sebagai "Mata-mata", Burung Dara Ditahan
​​​​​​​

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024