bersih-bersih ini untuk mempersiapkan semua itu
Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 500 personel gabungan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) membersihkan kawasan luar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dalam rangka persiapan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.

"Kurang lebih kita melibatkan 500 orang, kita bagi-bagi per titik yang sudah kita tentukan. Apalagi besok akan melaksanakan prosesi kirab bendera dari Monas dan juga rangkaian 17 Agustus nanti. Monas juga nanti akan ada upacara. Jadi, bersih-bersih ini untuk mempersiapkan semua itu," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat.
 
Personel gabungan tersebut terdiri dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Bina Marga, Sumber Daya Air, Satpol PP, Pertamanan dan Kehutanan serta Lingkungan Hidup. Tidak hanya petugas gabungan, kegiatan bersih-bersih ini juga melibatkan komunitas pengemudi delman.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan di lingkar luar kawasan Monumen Nasional (Monas) dan kawasan Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Dhany menyebut, kegiatan ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan di kawasan Monas. Sebelumnya, kegiatan bersih-bersih dilaksanakan Minggu (4/8).

Baca juga: Bakal ada kirab HUT Ke-79 RI di Jakarta

"Jumat depan, Insyaallah minggu depan karena 17 Agustus kita juga akan melaksanakan upacara bendera," ujar Dhany.
 
Personel gabungan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) membersihkan kawasan luar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Selain itu, Dhany menjelaskan, Monas menjadi salah satu tempat yang banyak dikenal masyarakat dan dijadikan ikon Jakarta ataupun Indonesia.

Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat Jakarta dapat bertanggung jawab dalam memelihara kebersihan Monas.

"Dengan aktivitas di sekitar Monas, membersihkan trotoar, taman, saluran air dan sampah, ini menjadi bagian pembelajaran sekaligus penyadaran kita hidup di Jakarta maka kita jaga agar bisa hidup lebih baik, bisa beraktivitas dengan bahagia," ucap Dhany.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Slamet Riyadi menyebut, aksi bersih-bersih menyasar pembersihan trotoar, jalur hijau, bahu jalan, halte dan pemangkasan pohon.

Baca juga: Upacara HUT RI di Jakarta dan IKN diadakan secara "hybrid"

Pihaknya mengerahkan satu unit mobil lintas pengangkut sampah (ranger), panther, truk tayo dan satu unit mobil penyapu jalan (street sweeper). 

"Dari jajaran kami melibatkan 30 personel dan fokusnya pengangkutan sampah. Hasilnya tujuh meter kubik sampah diangkut," ujar Slamet.

Dainase Istana
Sebelumnya, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat membersihkan jaringan drainase di kawasan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat dalam rangka persiapan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.
 
"Kami bersihkan drainase yang ada di depan Istana Negara agar berfungsi maksimal. Makanya kami kerahkan petugas untuk melakukan pembersihan," kata Kepala Sudin SDA Jakarta Pusat Mustajab.

Selain itu, menurut dia aksi bersih-bersih tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi saluran agar maksimal untuk mengantisipasi bila terjadi hujan saat ada perhelatan di Istana Negara.

Baca juga: Presiden ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN dan Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024