Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menilai capaian emas yang diberikan lifter Rizky Juniansyah semakin mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Olimpiade Paris 2024.

Sebagai atlet angkat besi, Rizky berhasil menyabet emas dalam kelas 73 kg putra di South Paris Arena 6, Prancis, pada Kamis malam atau Jumat dini hari Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Terima kasih Rizky Juniansyah yang telah berjuang keras dalam Olimpiade 2024. Berkat Rizky, peringkat Indonesia meningkat drastis menjadi urutan 28. Ini betul-betul membanggakan karena mampu mengharumkan nama Indonesia,” kata Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo, Jumat.

Baca juga: Presiden bangga Rizki jadi lifter pertama RI raih emas di Olimpiade 

Baca juga: Rizki sebut lifter China Shi Zhiyong pesaing terberat pada Olimpiade


Peringkat Indonesia meningkat drastis di klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Paris 2024 berkat emas yang dipersembahkan lifter Rizky Juniansyah.

Di dalam pertandingan tersebut, atlet berusia 21 tahun itu berhasil menciptakan rekor olimpiade angkatan clean and jerk dengan 199 kg, membuat total angkatannya menjadi 354 kilogram, angkatan terbesar dibandingkan dengan lifter-lifter lain di olimpiade tersebut.

Menkominfo mengapresiasi perjuangan seluruh atlet Indonesia yang telah berlaga di Olimpiade Paris 2024, ia berpendapat semua atlet baik yang telah meraih medali maupun yang gugur di babak penyisihan semua harus dihargai perjuangannya.

Selain itu, Budi optimistis bahwa dukungan seluruh masyarakat Indonesia tetap bergelora bagi para atlet yang siap bertanding dalam beberapa waktu ke depan.

“Atlet-atlet Indonesia dengan daya juang-nya yang luar biasa mampu mengharumkan nama bangsa. Mereka adalah pahlawan sejati yang berjuang lewat jalur olahraga,” tutup Budi.

Sebelumnya, Indonesia juga mendapatkan emas berkat prestasi atlet panjat tebing Veddriq Leonardo pada Kamis (8/8). Medali emas pertama yang didapat dari Olimpiade Paris 2024 itu bersama dengan satu perunggu yang dipersembahkan oleh atlet badminton Gregoria Mariska Tunjung menempatkan Indonesia pada posisi ke-46.

Baca juga: Rizki Juniansyah tambah emas untuk Indonesia pada Olimpiade Paris

Baca juga: Menkominfo: Emas Veddriq untuk Indonesia jadi kebanggaan masyarakat

Baca juga: Klasemen medali: Amerika masih pertama, Indonesia naik ke peringkat 28


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024