Dalam minggu ini stok bawang merah di gudang distributor mencapai 56 ton.
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) memastikan stok bawang merah dan bawang putih mencukupi dan harga stabil, karena pasokan dari luar daerah lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini.

"Dalam minggu ini stok bawang merah di gudang distributor mencapai 56 ton," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan saat ini stok bawang merah di 10 gudang distributor sebanyak 26 ton dan akan ditambah lagi pasokan baru sebanyak 30 ton, sehingga total stok bawang merah dalam minggu ini mencapai 56 ton da cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dalam minggu ini pasokan 30 ton bawang merah ini tiba dan bongkar di Pelabuhan Pangkalbalam, Mentok dan Pelabuhan Tanjungpandan," katanya pula.

Demikian juga stok bawang putih yang ada sekarang di 11 gudang distributor sebanyak 22,6 ton dan akan ditambah lagi 17 ton, sehingga total stok bawang putih dalam minggu ini sebanyak 39,6 ton.

"Saat ini harga bawang merah dan putih masih stabil, karena permintaan masyarakat normal bahkan cenderung mengalami penurunan," katanya lagi.

Ia menyatakan saat ini harga bawang merah eceran di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih normal dan bervariasi mulai dari Rp22.000 hingga Rp26.000 per kilogram atau tergantung kualitas bawang tersebut.

Demikian juga harga bawang putih masih bertahan stabil dan bervariasi mulai Rp38.000 hingga Rp40.000 per kilogram atau tergantung kualitas komoditas tersebut.

"Harga bawang di pedagang cukup bervariasi dan ini wajar karena harga bawang yang baru datang lebih mahal dibandingkan stok bawang lama," katanya pula.
Baca juga: Babel gandeng Jabar tingkatkan stok bawang dan cabai 
Baca juga: Babel menambah pasokan 23 ton bawang merah jelang Idul Adha

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024