Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menarik dari Kamis (8/8) masih dapat dibaca kembali, seperti 21 ABK KM Sri Mariana jalani karantina, BMKG sebut risiko tsunami Jepang tak berdampak ke wilayah RI, hingga konservasi keris emas berusia ratusan tahun oleh Museum NTB.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

1.) Enam ABK KM Sri Mariana meninggal dunia, 21 jalani karantina

Balai Kekarantinaan Kesehatan (BKK) Kelas I Banten melakukan karantina terhadap 21 anak buah kapal (ABK) KM Sri Mariana 07 untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.

Kepala BKK Kelas 1 Banten, Resi Arisandi, di Cilegon, Kamis, mengatakan dari total jumlah ABK yang sebanyak 36 orang, enam di antaranya meninggal dunia, dan 30 orang selamat.

2.) BMKG: Potensi tsunami di Jepang tidak berdampak ke wilayah Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan potensi tsunami yang timbul setelah gempa bumi berkekuatan 7,2 magnitudo mengguncang Pulau Kyushu, Jepang, pada Kamis siang, tidak berdampak ke wilayah Indonesia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa
gempa bumi berkekuatan 7,2 magnitudo tersebut terjadi Kamis siang pukul 14:42 WIB. Hasil analisis yang dilakukan BMKG gempa bumi tersebut berpotensi menimbulkan tsunami dengan ketinggian air kurang dari setengah meter (0,5 meter).

3.) Pelajar Indonesia raih juara kompetisi Next Generation Innovations
​​​​​​
Sebanyak tiga pelajar, salah satunya asal Indonesia berhasil dinobatkan sebagai penerima beasiswa setelah berhasil maju sebagai pemenang dalam kompetisi pelajar internasional Next Generation Innovations.

Kompetisi itu diselenggarakan oleh spesialis pendidikan internasional, Study Group di Sunway Pyramid, Malaysia dengan melibatkan delapan siswa yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) di seluruh Asia Tenggara.

4.) Dirut BPJS Kesehatan: Iuran kelas 3 tak akan naik saat KRIS berlaku

Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan bahwa penerapan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) yang akan menggantikan kelas BPJS Kesehatan berpotensi tidak menimbulkan kenaikan biaya iuran terhadap peserta di kelas 3.

"Kalau kelas 3 enggak akan naik. Kelas III itu kan, mohon maaf, umumnya PBI (Penerima Bantuan Iuran) kan kelas 3. Kenapa dia PBI? Kenapa? Kenapa dia PBI? Tidak mampu," kata Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti usai menghadiri kegiatan Penyerahan Penghargaan UHC Awards 2024 di Jakarta, Kamis.

5.) Museum NTB konservasi keris emas berusia ratusan tahun

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan proses konservasi terhadap empat keris berusia ratusan tahun agar kembali bersih dari karat dan kotoran yang menempel pada barang pusaka tersebut.

"Proses konservasi sudah berlangsung sejak awal Muharam. Kami memilih bulan Muharam sebagai jadwal membersihkan keris sesuai dengan tradisi masyarakat lokal," kata Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam di Mataram, Kamis.
 

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024