Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa terkait isu politik terjadi di sepanjang Kamis (8/8) lalu. Dari mulai langkah Ridwan Kamil maju pilkada DKI Jakarta hingga pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Berikut rangkaian berita politik yang telah dirangkum ANTARA.

1. Ridwan Kamil secara resmi diusung Golkar jadi bakal calon gubernur Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan dirinya secara resmi telah mendapat lampu hijau dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato untuk maju menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta.

"Saya tadi diminta secara resmi untuk maju sebagai gubernur daerah khusus Jakarta dari Partai Golkar. Jadi informalnya begitu," kata pria yang akrab disapa RK usai bertemu dengan Airlangga di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis.

Baca di sini


2. Jusuf Hamka pindah haluan dari bertarung di Jakarta kini di Jabar

Jakarta (ANTARA) - Politisi sekaligus pengusaha Jusuf Hamka berpindah haluan dari yang semula menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur DKI Jakarta kini menjadi bakal calon pada pilkada Jawa Barat.

Tugas mendampingi calon gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi ini didapat Jusuf Hamka usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis.

"Iya kan Kang Emil (Ridwan Kamil) sudah di Jakarta (Calon Gubernur). Kalau Kang Emil sudah di Jakarta, saya on the way ke Jabar, gantian. Gitu aja sih," kata Jusuf Hamka kepada awak media di Kompleks Widya Chandra.

Baca di sini


3. Prabowo terus komunikasi dengan PKS guna umumkan calon pilkada Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa dirinya terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) guna mengumumkan pasangan calon dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Insya Allah dalam waktu tepat kita umumkan," kata Prabowo Subianto saat meninggalkan rumah dinasnya di Jakarta, Kamis (8/8) malam, setelah menerima kunjungan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

Baca di sini


4. Ketum PKB Cak Imin sambangi rumah Prabowo di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambangi rumah Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis malam.

Dia tiba di rumah Prabowo sekitar pukul 18.40 WIB dan mengaku melakukan perbincangan dengan Prabowo. Cak Imin hadir didampingi oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid saat berkunjung ke Menteri Pertahanan tersebut.

Baca di sini


5. Partai Demokrat dukung Kapolda Papua maju bakal calon gubernur

Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Demokrat mengumumkan dukungannya untuk pasangan Irjen Pol. Mathius Derek Fakhiri, yang saat ini masih aktif menjabat Kapolda Papua dan Aryoko Rumaropen sebagai bakal calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) pada pilkada 2024 di Provinsi Papua.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan surat rekomendasi sebagai tanda dukungan partai kepada pasangan itu, yang diwakili oleh Aryoko, di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis malam.

Baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024