Moskow (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Rabu menyampaikan protes keras atas latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Jepang, Orient Shield yang dilaksanakan dekat perbatasan Rusia pada 18-26 Juli.

Mereka menyampaikan protes tersebut ke Kedutaan Besar Jepang di Moskow, dengan menekankan “tidak dapat diterimanya aktivitas militer provokatif semacam itu,” yang dipandang sebagai potensi ancaman terhadap keamanan.

Rusia mengatakan telah mengeluarkan peringatan mengenai penerapan tindakan pencegahan yang memadai untuk memperkuat kemampuan pertahanan dan melindungi kedaulatan negaranya.

Sementara itu dalam pernyataan terpisah, juru bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharova mengkritik rencana penyelenggaraan pertemuan puncak Jepang-Asia Tengah dengan partisipasi Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Zakharova berpendapat bahwa Tokyo sedang berupaya menanam akar di Asia Tengah dengan tujuan melemahkan hubungan antara negara-negara regional dengan Rusia dan “menarik” mereka ke arah ideologi Barat tentang “tatanan berbasis aturan,” yang bernuansa “anti-Rusia dan anti- China."

Dia mengingatkan negara-negara Asia Tengah tentang pengalaman kerja sama Rusia dengan Jepang.

Pada awalnya Tokyo menawarkan “bantuan pembangunan” untuk mengejar kepentingan perusahaannya sendiri, mencoba memastikan akses mereka tanpa hambatan ke pasar negara berkembang, sehingga membuat penerimanya bergantung pada modal dan teknologi eksternal.

Arah prioritas program kerja sama baru yang diumumkan di media hanya menegaskan bahwa pihak Jepang mengejar tujuan politik dengan menerapkan agenda energi dan iklim Barat, kata Zakharova.

“Kami yakin bahwa mitra-mitra kami di Asia Tengah, dengan kebijaksanaan mereka, akan mampu membedakan pendekatan-pendekatan yang mendukung kerja sama yang saling menguntungkan dengan rencana untuk menjadikan negara mereka sebagai pelengkap neokolonial dari kubu Barat.

“Kami berharap kehancuran dari prospek tersebut dan dampak serius dari hilangnya hubungan penuh dengan Rusia cukup jelas bagi mereka,” tambahnya.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Kebijakan NATO dan kolaborasi Rusia jangan tambah ketegangan global
Baca juga: Menlu Rusia, Yordania serukan gencatan senjata di Gaza

 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024