Jakarta (ANTARA) - Politisi sekaligus pengusaha Jusuf Hamka berpindah haluan dari yang semula menjadi calon gubernur atau wakil gubernur Jakarta kini menjadi calon di Jawa Barat.

Tugas mendampingi calon gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi ini didapat Jusuf Hamka usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis.

"Iya kan Kang Emil (Ridwan Kamil) sudah di Jakarta (Calon Gubernur). Kalau Kang Emil sudah di Jakarta, saya on the way ke Jabar, gantian. Gitu aja sih," kata Jusuf Hamka kepada awak media di Kompleks Widya Chandra.

Pria yang akrab disapa Babah Alun ini mengaku bukan dirinya saja yang diusung menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat. Beberapa nama lain muncul seperti Istri Ridwan Kamil yakni Atalia Praratya, dan Ade Ginanjar.

Terkait keputusan perpindahan tempat bertarung ini, Babah Alun mengaku siap menjalankan amanah partai.

Dia juga mengaku akan serius membangun infrastruktur Jawa Barat seperti yang telah dia lakukan sebelumnya.

"Kalau selama ini kan saya sudah membangun jalan di Jawa Barat nih ya di Depok, Depok-Antasari,Bogor Ring Road,Pasir Koja, terus Cileunyi, Sumedang, Dawuan. Jadi menurut saya selama ini masyarakat Jawa Barat juga melihat kiprah saya," kata pria yang juga dikenal sebagai Bapak Jalan Tol ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan pihaknya memberi instruksi Jusuf Hamka dari yang sebelumnya sebagai calon wakil gubernur menjadi calon gubernur dibuat setelah pihaknya bertemu dengan Kaesang Pangarep.

Dia menceritakan, awalnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mendorong Jusuf Hamka sebagai calon wakil gubernur jika Kaesang mau maju menjadi calon gubernur Jakarta.

"Tapi, setelah pertemuan tersebut, faktanya berkembang, Jusuf Hamka atau Babah Alun mendapat surat instruksi sebagai bakal cagub dan bakal cawagub, daerah khusus Jakarta," kata Lodewijk di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (19/7).
Baca juga: Ridwan Kamil dan Jusuf Hamka datangi rumah Ketum Golkar Airlangga
Baca juga: Jusuf Hamka berpeluang jadi cawagub Jakarta dampingi Ridwan Kamil
Baca juga: Babah Alun yakinkan warga bahwa Jakarta tetap jadi kota idaman

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024