kita sebarkan luaskan informasi ini kepada masyarakat, bahwa Sumut menjadi tuan rumah PON tahun ini
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak masyarakat setempat mendoakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut agar berjalan lancar.

"Kita ingin mengulang kembali kesuksesan Sumut menjadi tuan rumah PON ke-3 tahun 1953. Tahun 2024 ini, Sumut kembali dipercaya menjadi tuan rumah PON XXI. Untuk itu, diharapkan doa dan dukungan kita semua, agar pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses," ujarnya pada Safari Dakwah dan Doa Keselamatan untuk PON XXI Aceh-Sumut yang dilaksanakan di Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Sumut, Kamis.

Dia menjelaskan menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut merupakan momen yang berharga bagi Sumatera Utara, karena akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Namun, kata dia, dalam menyukseskan pelaksanaan tersebut tidak mudah. Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam PON 2024 khususnya di wilayah ini.

"Selama ini, penyelenggaraan ajang olahraga masih dipandang sebatas prestasi. Padahal, potensi besar lainnya dapat mendatangkan nilai ekonomis bagi daerah, kuliner-nya laku, tenaga kerja terserap. Karena itu kita sebarkan luaskan informasi ini kepada masyarakat, bahwa Sumut menjadi tuan rumah PON tahun ini," kata dia.

Sebelumnya, orang nomor satu di Pemprov Sumut ini mengatakan bahwa persiapan PON 2024 untuk secara keseluruhan berjalan dengan baik. Seluruh persiapan ajang olahraga nasional akan rampung pada pertengahan Agustus.

Dia menjelaskan persiapan yang akan dikebut tersebut meliputi arena, akomodasi, transportasi, peralatan, dan seluruh bidang yang dibutuhkan pada ajang olahraga nasional tersebut.

Baca juga: PB PON Sumut matangkan persiapan media center PON XXI-2024
Baca juga: Kemenkes siap terjunkan tim medis sukseskan PON 2024


Saat ini, lanjut dia, persiapan PON 2024 di Sumatera Utara untuk keseluruhan telah mencapai 85 persen. Sementara untuk persiapan khusus yaitu pembangunan Stadion Utama Sumut mencapai 83 persen.

“Persiapan berjalan dengan baik dan pertengahan Agustus semuanya harus sudah selesai agar bisa diuji, dicek kembali apa yang kurang, sehingga pada hari H tidak ada kendala yang terjadi," ujar dia.

Safari Dakwah dan Doa Keselamatan untuk PON XXI Aceh-Sumut juga dilaksanakan di Serdang Bedagai dan Kota Tebingtinggi.

Sementara Penjabat Walikota Tebingtinggi Moettaqien Hasrimi menyambut baik pelaksanaan Safari Dakwah dan Doa Keselamatan dalam rangka menyambut PON XXI Aceh-Sumut.

Dia berharap dengan diselenggarakan PON 2024 di Sumut juga dapat meningkatkan hal yang positif bagi wilayah-nya.

"Kami patut bersyukur dari 33 kabupaten/kota di Sumut, Kota Tebingtinggi sebagai penutup akhir safari dakwah merajut kebersamaan untuk kesuksesan pelaksanaan PON. Kami berharap ajang ajang besar baik tingkat provinsi dan nasional bisa menyemarakkan Kota Tebingtinggi," ujar dia.

Baca juga: Wantimpres berharap arena utama PON XXI di Aceh rampung pekan depan
Baca juga: Pj Gubernur Sumut ajak pemuda remaja masjid sukseskan PON 2024
Baca juga: PMI Sumut siap siagakan tim kesehatan untuk sukseskan PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024