Airnya, listriknya, semua dikendalikan dari sini (pusat komando) termasuk transportasi di IKN
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan manajemen kota Ibu Kota Nusantara (IKN) dikendalikan oleh pusat komando atau command center.

Basuki mengatakan bahwa konsep pembangunan IKN adalah kota cerdas (smart city), sehingga kota tersebut dilengkapi dan dikelola oleh pusat komandonya.

"Jadi, nanti semua manajemen kota akan dikendalikan oleh pusat komando," ujarnya di Jakarta, Kamis.

Pengendalian tersebut mulai dari lalu lintas (traffic) kendaraan, pengelolaan air, listrik, energi dan lainnya dikendalikan pusat komando IKN.

Pusat komando IKN, kata Basuki, saat ini dalam tahap proof of concept dan nantinya pusat komando tersebut akan bisa menjalankan fungsi-fungsi seperti pengelolaan air, pengelolaan gedung hingga pengelolaan limbah secara cerdas.

"Airnya, listriknya, semua dikendalikan dari sini (pusat komando) termasuk transportasi di IKN. Menteri Perhubungan juga sudah membuat intelligent transportation system di IKN. Kita baru mulai, pasti ke depan akan jadi lebih baik," ujarnya.

Pusat Komando Nusantara dibangun untuk optimasi pembangunan lKN serta integrasi dan koordinasi. Pusat Komando Nusantara juga merupakan salah satu infrastruktur utama pendukung kota cerdas Nusantara.

Pusat Komando tahap 1 ini memiliki fungsi utama dalam layanan pemantauan pembangunan IKN dengan memanfaatkan teknologi pengawasan dan pemantauan berbasis CCTV, monitoring drone berbasis visual, serta integrasi layanan digital.

Pusat komando juga berperan dalam mitigasi dan respons kebencanaan, memanfaatkan analisis data dan teknologi canggih untuk memprediksi dan merespons bencana alam, menjadikannya elemen penting dalam perencanaan dan pengelolaan kota yang cerdas dan tanggap.

Selain itu, pusat komando juga mempermudah Otorita IKN untuk menanggapi seluruh aduan dari masyarakat maupun mengelola informasi yang terjadi di IKN untuk diproses.

Salah satu contoh penggunaan Centralized Citizen Reporting System, ataupun informasi yang diteruskan ke masyarakat IKN, seperti informasi bencana alam yang dapat menjadi pesan darurat kepada masyarakat IKN.

Contoh lain dalam pengelolaan kota dan layanan perencanaan adalah Urban Planning System.

Baca juga: Menteri PUPR: Ruangan untuk sidang kabinet paripurna di IKN sudah siap
Baca juga: Presiden kukuhkan Paskibraka di Istana IKN 13 Agustus 2024
Baca juga: Upacara HUT RI di Jakarta dan IKN diadakan secara "hybrid"


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024