Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 akan menjadi momentum dalam refleksi pelayanan di semua moda transportasi agar bisa lebih baik demi pembangunan berkelanjutan ke depannya.

"Harhubnas menjadi refleksi apakah pelayanan transportasi di semua matra baik darat, laut, udara serta kereta api telah memenuhi harapan masyarakat," kata Menhub dalam peluncuran tema dan logo Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 di Jakarta, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa Harhubnas merupakan momentum untuk mengingatkan pentingnya fungsi transportasi yang diamanahkan kepada Kementerian Perhubungan dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Harhubnas diperingati setiap 17 September. Pada tahun ini tema Harhubnas adalah "Transportasi Maju, Nusantara Baru".

Menurut Menhub, tema itu memiliki makna semangat kolaborasi dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan sektor perhubungan, bahwa capaian 10 tahun terakhir dapat berhasil karena kerja sama dan keterlibatan dari semua pihak.

"Itulah kenapa tema Harhubnas 2024 ini mengusung 'Transportas Maju, Nusantara Baru'. Kita bersama-sama mewujudkan transportasi yang lebih maju untuk kehidupan negara Indonesia baru yang lebih baik," ujar Menhub.

Kemenhub juga meluncurkan logo Harhubnas yang melambangkan grafik dua warna, yakni hijau tosca dan emas. Adapun makna logo itu adalah komitmen untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan perhubungan di seluruh nusantara dan skala internasional.

Empat pola menunjukkan bahwa transportasi udara, kereta api, darat dan laut menjadi unsur utama sebagai pelayanan perhubungan. Layanan transportasi diharapkan selalu meningkatkan perekonomian negara serta masyarakat yang terus melaju, tumbuh cepat dengan mobilitas dan aksesibilitas.

Adapun warna hijau tosca bermakna sebagai harapan untuk kesuburan dan keselarasan dalam sektor perhubungan Indonesia. Sedangkan warna emas bermakna sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia yang harus dicerminkan dan dipertahankan.

Perayaan Harhubnas 2024 di agendakan bakal dimeriahkan oleh dua kegiatan utama, yakni pameran dan talkshow Hub Space serta ajang lari Run Hub.

Di samping itu, ada berbagai kegiatan yang turut mewarnai Harhubnas 2024, diantaranya upacara, seminar dan deklarasi keselamatan transportasi, ziarah, bakti sosial, donor darah, serta perlombaan seni dan olahraga bagi ASN, BUMN sektor transportasi dan mahasiswa sekolah Kemenhub.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, melalui Harhubnas tahun ini, Kemenhub bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan memberikan penghargaan dan apresiasi bertajuk Hub Awards, bagi pemerintah daerah, khususnya kabupaten yang berkomitmen dan berkontribusi dalam kemajuan transportasi serta pembangunan konektivitas di Indonesia.

"Harapannya, dengan diadakan kegiatan ini mampu menjadi stimulus bagi pemerintah kabupaten dalam mengembangkan transportasi yang berkelanjutan," kata Menhub.

Baca juga: Menhub: Bandara IKN bakal bisa melayani masyarakat umum selain VVIP
Baca juga: Menhub berkomitmen tingkatkan konektivitas nasional
Baca juga: Menhub pastikan uji coba kereta otonom di IKN dilakukan 5 Agustus


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024