Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggiatkan industri ritel dan produk lokal melalui "Indonesia Shopping Festival (ISF) 2024" yang digelar serentak di 385 mal di seluruh Indonesia.  

“Ini kegiatan 'Indonesia Shopping Festival' yang ketiga dalam rangka meningkatkan lagi khususnya industri ritel yang selama kemarin masa pandemi mengalami penurunan cukup signifikan,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim saat pembukaan "ISF 2024" di Jakarta, Kamis.

"ISF 2024" yang digelar di Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, ini diharapkan mampu meningkatkan kembali daya beli menengah ke bawah karena yang paling terpukul (pandemi) memang masyarakat menengah ke bawah.

Apalagi dengan adanya pemberian diskon yang lumayan besar dan harus produk dalam negeri yang tersedia di bazar-bazar yang ada di 385 mal atau pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.

"Bertepatan dengan HUT Ke-79 RI tentu diskon yang ditawarkan bisa sampai 79 persen,” kata dia.

Baca juga: Ekonomi Jakarta diperkirakan tumbuh hingga 5,60 persen pada 2024
Baca juga: Jakarta berpotensi besar jadi pusat ekonomi digital Indonesia


Ia mengatakan, festival belanja ini juga bertujuan untuk meningkatkan barang produk lokal yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19 dan membuat ekonomi menjadi lesu hingga saat ini.

"Selain itu program ini kami melakukan kampanye mendukung industri dalam negeri," kata dia.

"ISF 2024" di PIK menghadirkan ratusan stan yang menjajakan produk-produk dari dalam negeri mulai dari pakaian, alas kaki, parfum, juga aneka makanan khas nusantara dan lainnya.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024