Kegiatan program Dosen Pulang Kampung merupakan giat pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi IPB kepada dosen-dosen yang memiliki catatan historis dan sosiologis di suatu daerah
Makassar (ANTARA) -
Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Program Dosen Pulang Kampung melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi budidaya organisme akuatik laut di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, 8-9 Agustus 2024.
 
Kedatangan para pengajar IPB ini disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Mesdiyono di Selayar, Kamis.
 
Ketua Tim Dr Apriana menyampaikan bahwa dia bersama timnya akan melaksanakan kegiatan program Dosen Pulang Kampung yang merupakan giat pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi IPB kepada dosen-dosen yang memiliki catatan historis dan sosiologis di suatu daerah termasuk Kepulauan Selayar.

"Kami hadir untuk melakukan pelatihan di Desa Bontosunggu, Kecamatan Bontoharu dengan agenda pelatihan bertajuk Integrasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Budidaya Organisme Akuatik Laut Tepat Guna Terpadu di Kabupaten Kepulauan Selayar," ujarnya.

Baca juga: Dosen IPB: Pemanfaatan pemasaran digital jangkau konsumen lebih luas
Baca juga: Dosen IPB sebut pentingnya produksi dan konsumsi pangan berkelanjutan
 
Selain Dr Apriana Vinasyiam, Tim Program Dosen Pulang Kampung ini juga terdiri atas dosen-dosen Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yakni Dr.Irzal Effendi, Dr. Tatag Budiardi, Prof. Dr. Iis Diatin, Dr. Yani Hadiroseyani, Belinda Astari, S.Pi., M.Si, Niko Khoirurizal, dan Annisa Rizka Ramadhani.
 
Sementara itu Sekda Selayar Mesdiyono menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut dan menunjuk Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi salah satu wilayah tujuan program.
 
"Kami ucapkan terima kasih dan bersyukur atas kedatangannya, karena masukan dari dunia akademik memang sangat dibutuhkan terhadap budidaya kelautan maupun perikanan," kata dia.
 
Mesdiyono menyebut bahwa masyarakat perlu diingatkan bahwa sektor kelautan dan perikanan memiliki potensi yang besar, sehingga dia pun mengharapkan agar kerja sama dapat tetap terjalin.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024