Jakarta (ANTARA) - Polres Jakarta Barat meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait agar pemilihan kepala daerah (pilkada) di wilayah tersebut berlangsung tertib dan keamanan kondusif. 

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Polisi M Syahduddi di Jakarta pada Kamis mengemukakan, koordinasi terus dilakukan sehingga dia pun optimis perhelatan pilkada di wilayahnya pada 27 November 2024 akan aman.

Menurut Syahduddi, hal tersebut berdasarkan koordinasi antara Kepolisian dengan masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Berdasarkan pengalaman perhelatan pilpres yang lalu kita optimis kondisi kondusif dapat terwujud dengan adanya koordinasi dan kerja sama yang baik antara Polri dengan masyarakat dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban," kata Syahduddi.

Baca juga: KPU Jakbar lakukan coklit pada 1.448.622 warga setempat

Adapun kondusivitas pilkada yang dimaksud mulai dari pencalonan hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur.

"Tahapan pilkada Jakarta mulai penetapan pencalonan gubernur dan wakil gubernur hingga penetapan dan pelantikan pemenang kontestasi dapat berjalan dengan lancar," kata Syahduddi.

Karena itu, kata Syahduddi, keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif tidak terjadi begitu saja, melainkan harus dilakukan koordinasi. "Butuh kerja sama dan komitmen dari semua pihak untuk mewujudkannya," kata dia.

Syahdudi telah menggelar kegiatan bertajuk "Ngopi Kamtibmas di Pos Kamling" bersama warga RW 10, Perumahan Green Garden, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (7/8).

Baca juga: Pemkot Jakbar gandeng ormas untuk jaga kondusivitas jelang pilkada

Kegiatan ini bertujuan untuk menyerap, menampung dan menerima masukan dari warga masyarakat terkait situasi kamtibmas yang ada di wilayah tersebut.

Kegiatan itu adalah program Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto untuk bersinergi dengan seluruh elemen dalam mengidentifikasi permasalahan sekecil apapun yang ada di masyarakat agar dapat ditangani dan dicarikan solusinya.

"Intinya, kami membuka ruang seluas-luasnya kepada warga masyarakat untuk menjadi mitra strategis Polri dalam menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," kata dia.
Baca juga: Diteror bangkai ayam, KPU Jakarta Utara lapor polisi

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024