Kami sudah menyiapkan fasilitas pendukung kesehatan untuk para atlet dan ofisial
Medan (ANTARA) - Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Dr Azhar Jaya mengatakan siap menerjunkan tim medis dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, dan siap untuk mendatangkan tim medis," ujar Azhar di Medan, Kamis.

Ia mengatakan dalam ajang multicabang ini pihaknya memiliki tim medis khusus untuk PON tersebut, terutama dalam menangani spesifik jantung dan lainnya.

Lebih lanjut, Azhar mengatakan, untuk jumlah petugas medis yang diturunkan tergantung jumlah survei awal yang dilakukan pihaknya untuk ajang nasional ini.

Di sisi lain, menurut dia, Rumah Sakit (RS) Adam Malik juga siap dalam berkontribusi untuk menyukseskan PON yang berlangsung 8-20 September 2024 ini.
Baca juga: PMI Sumut siap siagakan tim kesehatan untuk sukseskan PON 2024
Baca juga: Dinkes Sumut siapkan 10 medical center untuk mendukung PON 2024


Sementara, Direktur Utama RS Adam Malik dr Zainal Safri menambahkan pihaknya menjadi rumah sakit utama dengan bekerjasama pemerintah daerah (Pemda) untuk PON ini.

"Kami sudah menyiapkan fasilitas pendukung kesehatan untuk para atlet dan ofisial," ujar dia.

Zainal menyebut, di antaranya layanan instalasi gawat darurat (IGD), rawat inap, kamar bedah, dan layanan penunjang lainnya untuk ajang olahraga muliticabang tersebut.

Selain itu, RS Adam Malik juga menyiapkan perawat khusus di IGD dengan menggunakan kartu identitas petugas PON ditambah dengan adanya dokter tetap on site.

Rumah sakit ini juga mengirimkan tim kesehatan yang didukung oleh para dokter spesialis, dokter umum, perawat ahli, teknisi medis, dan staf pendukung untuk bertugas di lapangan selama PON berlangsung.

Kemudian ambulans khusus sebagai pelayanan medis bagi tamu VVIP yang dilengkapi dengan instalasi mini Intensive Care Unit dan obat-obatan, serta menyiapkan 20 orang yang bertugas di medical center.

Baca juga: RS Adam Malik Medan siapkan fasilitas layanan medis untuk PON 2024
Baca juga: Pemprov Sumut butuh 1.150 tenaga kesehatan untuk PON 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024