Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi milik BUMN PT Telkom, Telkomsel, berkolaborasi dengan BUMN di bidang transportasi, Garuda Indonesia memudahkan pelanggan yang akan berpergian ke destinasi-destinasi internasional mengakses layanan internet roaming.

Kolaborasi itu memanfaatkan layanan digital yang dimiliki oleh Garuda Indonesia dan diharapkan memperkuat ekosistem layanan penerbangan Garuda lewat peningkatan pelayanan khususnya ke akses produk-produk telekomunikasi.

"Kami rasa kerja sama menghadirkan akses ke layanan roaming ini sangat penting. Karena kami sering menemukenali pengguna kami saat berpergian ke luar negeri lupa untuk membeli paket roaming. Sehingga mereka beli layanan internet di negara tujuan dan akhirnya harus kena harga yang lebih mahal. Makanya kami bersama Garuda menghadirkan kolaborasi ini," kata Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B Sigit di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Kamis.

Baca juga: Telkomsel daur ulang cangkang kartu SIM jadi paving block

Baca juga: Pendapatan Telkomsel meningkat 29,9 persen pada semester pertama 2024


Telkomsel mengungkap secara nasional, sebanyak 60 persen masyarakat yang mengaktifkan roaming menggunakan layanan operator seluler Telkomsel. Sehingga dengan demikian sebenarnya layanan ini cukup diminati oleh para penggunanya.

Kolaborasi dengan Garuda diharapkan bisa makin memperluas cakupan layanan roaming dari Telkomsel dengan mengandalkan kemudahan pemesanan.

Layanan roaming dari Telkomsel bisa dibeli dengan mudah oleh pelanggan Garuda Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri dan telah membeli tiket perjalanan melalui aplikasi seluler buatan Garuda yaitu FlyGaruda.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan kerja sama antara perusahaan milik negara tersebut diharap dapat memperkaya pengalaman masyarakat menggunakan maskapai penerbangan dari dalam negeri saat hendak berpergian.

Kolaborasi itu juga dinilai memperkuat posisi Garuda Indonesia untuk dapat terus bersaing dengan maskapai internasional lainnya lewat peningkatan layanan yang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan.

"Kalau di level internasional kami harus melawan maskapai lain untuk menawarkan layanan full service kami. Seperti yang kita tahu pesawat kita enggak baru, jadi yang bisa kita banggakan dan tingkatkan ya dari sisi service," kata Ade.
Perwakilan Garuda Indonesia dan Telkomsel berfoto usai proses penandatanganan nota kesepahaman tentang kolaborasi Telkomsel dan Garuda menghadirkan kemudahan akses ke layanan telekomunikasi roaming bagi masyarakat dilakukan di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)

Dari kolaborasi ini ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan masyarakat yang mengaktifkan paket ini. Di antaranya mulai dari potongan harga layanan roaming sebesar 10 persen membuat harga layanan lebih terjangkau.

Lalu selain itu, pelanggan yang membeli paket roaming hasil kolaborasi Garuda dan Telkomsel juga akan mendapatkan bonus poin lebih besar dua kali lipat dalam bentuk Telkomsel Poin dan bonus ekstra GarudaMiles di aplikasi FlyGaruda.

Tersedia berbagai pilihan paket yang sesuai kebutuhan perjalanan dengan harga terjangkau mulai dari Rp150.000, dengan kuota data hingga 11 GB untuk masa berlaku hingga 30 hari.

Telkomsel percaya diri bahwa layanan roaming miliknya memiliki jangkauan internasional terluas hingga ke lebih dari 191 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Hal itu juga menjadi keunggulan lain dari roaming Telkomsel.

Untuk dapat memanfaatkan kolaborasi ini, melalui fitur "My Trip" di aplikasi FlyGaruda pengguna bisa memasukkan nomor Booking Code dan Last Name.

Setelah itu pengguna bisa melakukan pembelian paket roaming dengan potongan harga 10 persen, aktivasi paket roaming Telkomsel bisa dilakukan hingga 30 hari ke depan setelah pembelian dilakukan

Kemudahan dari kolaborasi ini tersedia hingga 19 Juni 2026. Secara khusus selama periode 8-31 Agustus 2024 untuk pelanggan yang membeli paket ini akan mendapat bonus hingga 1000 GarudaMiles.

Bonus ini perlu diklaim melalui email ke garudamiles@garuda-indonesia.com dengan melampirkan nomor GarudaMiles, nama sesuai keanggotaan GarudaMiles, dan nomor handphone.

 Baca juga: Telkomsel ajak jurnalis percepat transformasi digital di Tanah Papua

Baca juga: Telkomsel bakal perluas 5G di Jabodetabek

Baca juga: MyTelkomsel Super App dihadirkan untuk memudahkan pelanggan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024