Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang masih pemula, investasi Emas bisa menjadi pilihan yang terbaik. Pasalnya, investasi logam mulia ini termasuk ke dalam tipe investasi low risk atau rendah resiko.

Saat ini terdapat berbagai platform dan aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam membeli dan menyimpan emas dari opsi investasi digital hingga layanan penyimpanan fisik. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi emas pastikan untuk menggunakan platform yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi investasi emas:

1. Indogold

IndoGold, di bawah PT Indogold Makmur Sejahtera, adalah perusahaan perdagangan emas logam mulia dengan keamanan transaksi yang dijamin oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Aplikasi ini menawarkan tiga layanan transaksi emas:
  • Emas Digital: Memudahkan pembelian dan penjualan emas secara digital yang dapat ditarik sebagai emas fisik mulai dari pecahan minimal 1 gram.
  • Emas Batangan: Menyediakan berbagai jenis emas dan logam mulia dengan harga kompetitif.
  • Emas Perhiasan: Menawarkan emas dalam bentuk perhiasan.
2. Pluang

Pluang adalah aplikasi investasi multi-aset yang menawarkan fitur investasi emas. Emas yang dibeli di Pluang disimpan dalam bentuk Saldo Emas, dan Anda dapat menarik emas fisik sesuai petunjuk yang tersedia. Semua produk Pluang memiliki izin resmi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) atau Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK).

3. Treasury
​​​​​​​
TREASURY adalah platform daring untuk jual beli dan penyimpanan aset komoditas seperti emas, perhiasan, dan koin nusantara. Platform ini dapat diakses melalui situs web dan aplikasi mobile. Anda dapat bertransaksi emas mulai dari Rp 5.000, dan mencetak simpanan emas saat jumlahnya mencapai 0,1 gram. TREASURY telah memperoleh perizinan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

4. Bareksa

Bareksa Emas merupakan fitur transaksi jual beli emas fisik secara online dengan fasilitas penitipan yang terdapat pada aplikasi Bareksa. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian emas mulai dari Rp. 50.000. Bareksa Emas menyimpan emas yang Anda beli di beberapa mitra yaitu PT Pegadaian (Persero), PT. Indonesia Logam Pratama, dan PT Indogold Solusi Gadai.

5. Shopee
​​​​​​​
Saat ini Shopee telah bekerja sama dengan pegadaian dan menyediakan fitur tabungan emas. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mulai menabung emas mulai dari 5 ribu rupiah. Tabungan emas yang disimpan di shopee bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai atau sebagai emas batangan. Layanan tabungan emas ini juga diawasi oleh OJK.

6. Tokopedia
​​​​​​​
Selain bekerja sama dengan Pegadaian, saat ini Tokopedia Emas telah bekerjasama dengan Pluang sebagai partner dalam Tabungan Emas. Anda bisa melakukan transaksi jual beli emas dengan mudah di aplikasi tokopedia dengan minimal beli sebesar 5000 rupiah.

Itulah beberapa platform penyedia layanan investasi emas yang sudah berlisensi.

Baca juga: Apa saja keuntungan investasi emas?

Baca juga: Harga emas Antam Kamis pagi stabil di Rp1,399 juta per gram

Baca juga: Cara investasi emas di Pegadaian secara online dan langsung

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024