Perbedaan GBN tahun 2024 dari tahun-tahun sebelumnya terletak pada kualitas atau standar yang lebih tinggi karena pertimbangan awal akan tampil di IKN
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) Ambitus Sopran Sukanty Sidharta menyampaikan sedikitnya 191 orang peserta yang telah lolos audisi di tahun 2024 dan akan tampil merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Istana Merdeka, Jakarta.

"Peserta paduan suara ada 121, orkestra 70, dari 33 provinsi kalau paduan suara, sedangkan yang orkestra kita audisinya di Yogyakarta dan Jakarta. Awalnya mau di Kalimantan, tetapi masih kurang banyak peminatnya," kata Sukanty ditemui di pusat pelatihan GBN 2024 Cibinong, Depok, Kamis.

Ia menjelaskan audisi GBN berubah semenjak COVID-19 yang menggabungkan sistem daring dan luring.

"Audisinya agak berbeda sejak COVID-19, jadi ada daring harus mengirimkan video, kalau audisi paduan suara saat COVID-19 memang daring, tetapi setelah COVID-19 balik lagi, kita tetap harus melihat ke daerah karena ada beberapa daerah sulit sinyal, biar bisa menjangkau ke daerah kepulauan juga," ujar dia.

Ia mengemukakan perbedaan GBN tahun 2024 dari tahun-tahun sebelumnya terletak pada kualitas atau standar yang lebih tinggi karena pertimbangan awal akan tampil di IKN.

Baca juga: GBN kombinasikan Sape & instrumen Zapin rayakan kemerdekaan tahun ini

"Sebenarnya enggak terlalu berbeda, hanya saja waktu itu ada pembatasan kuota, jadi maksimal empat tiap provinsi, tetapi waktu itu kan rumornya di IKN, jadi dianjurkan masing-masing tiga. Jadi kita benar-benar mencari anak-anak yang memiliki kemampuan lebih, tuntutan dan standarnya lebih tinggi," paparnya.

Namun, setelah melalui berbagai pertimbangan, GBN tahun 2024 tetap diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, salah satunya terkait akomodasi alat-alat orkestra yang masih sulit.

Sementara itu, Peserta asal Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, Evan Lois Mokomuke merasa sangat gembira karena berhasil lolos pada audisi GBN 2024 kali ini.

Prestasi tersebut sekaligus mengantarkannya menginjakkan kaki pertama kali di Jakarta.

"Ini juga pertama kali saya menginjakkan kaki di Jakarta. Orang tua bilang semangat, mereka bilang 'ini kau punya berkat'. Jadi awalnya saya lolos sebagai cadangan, tetapi kemudian panitia mengumumkan saya juga lolos, jadi saya senang sekali," tuturnya.

Ia terpilih menjadi salah satu peserta yang mengisi suara tenor dan berhasil menyisihkan 24 kandidat lain dari Provinsi Papua Barat Daya.

Baca juga: Paduan suara Gita Bahana Nusantara awali rangkaian Upacara HUT RI
Baca juga: Ratusan pemuda ramaikan HUT RI di Istana lewat Gita Bahana Nusantara

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024