Jakarta (ANTARA) - Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto sempat kaget mengetahui pemainnya, Matthew Baker, mendapatkan panggilan dari Timnas Australia U-17 dari Brad Maloney.

Matthew dan 23 pemain lainnya masuk daftar pemain yang dipanggil oleh Brad dalam rilisnya pada 31 Juli untuk laga PasificAus Sports Football Tour melawan Kepulauan Solomon U-19 dan Vanuatu U-19 pada pertengahan bulan ini.

Nova tadinya memproyeksikan Matthew menjadi kunci Timnas Indonesia U-17 dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 Arab Saudi pada Oktober di Kuwait.

"Ya pastinya saya kaget ya, karena di awal saya menyiapkan Baker menjadi pemain kunci saya untuk di tampil di Kualifikasi, tiba-tiba ada pemberitahuan yang Baker dipanggil Australia," kata Nova kepada media setelah memimpin seleksi tim U-17 di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Tiga hari berikutnya, Brad kembali merilis pemainnya dan nama pemain yang memiliki darah Indonesia dan Australia itu sudah ditarik dan digantikan oleh North Coast Football, Logan Sambrook.

Baca juga: Nova Arianto fokus cari pemain belakang perkuat Timnas U-17

Nova pun bersyukur kini Matthew telah pasti membela Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. 

Ketika disinggung apakah pemanggilan ini karena bukti Matthew benar-benar pemain berkualitas, Nova meminta media bertanya langsung kepada Brad.

"Mungkin saja, coba tanya saja ke pelatih Australia," ucapnya.

Dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Australia, Indonesia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara. Laga akan dimainkan di Kuwait pada 23-27 Oktober.

10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan melaju ke putaran final bersama tuan rumah Arab Saudi yang digelar di Arab Saudi pada 3-20 April tahun depan.

Baca juga: Pijakan tepat Garuda Nusantara sebelum berlaga di Asia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024