pelayanan kesehatan primer menitikberatkan pada penguatan promotif dan preventif
Denpasar (ANTARA) - Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara meluncurkan integrasi layanan primer pada Puskesmas di kota itu sebagai upaya untuk memperkuat sistem kesehatan masyarakat.

Jaya Negara, di Denpasar, Kamis, mengatakan pelayanan kesehatan primer merupakan salah satu pilar transformasi kesehatan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan.

"Integrasi pelayanan kesehatan primer menitikberatkan pada penguatan promotif dan preventif melalui pendekatan pada setiap fase kehidupan dengan tetap menyelenggarakan kuratif, rehabilitatif, dan paliatif," ucapnya.

Peluncuran atau kick off integrasi layanan primer (ILP) ditandai dengan penandatanganan prasasti di Puskesmas 1 Denpasar Utara, yang merupakan kerja sama Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersama PT Astra.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini karena sejalan dengan visi Kota Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju. Saya harap ini menjadi awal kolaborasi yang baik antara Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkot Denpasar bersama PT Astra dalam penyelenggaraan transformasi pelayanan kesehatan primer," ujar Jaya Negara

Integrasi Layanan Primer di Kota Denpasar sudah dilaksanakan pada 11 Puskesmas melalui penetapan SK Wali Kota Denpasar pada tanggal 18 Januari 2024 untuk UPTD Puskesmas 1 Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Utara dan tanggal 23 Januari 2024 untuk 10 Puskesmas lainnya di Kota Denpasar.

Untuk mendukung terlaksananya ILP di Puskesmas, Dinas Kesehatan sudah melaksanakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah sosialisasi kepada Puskesmas dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, orientasi kepada tenaga kesehatan serta FGD integrasi layanan primer.

Baca juga: Menkes luncurkan Program Integrasi Layanan Primer di Kabupaten Kendal
Baca juga: DKI pilih Puskesmas Tebet sebagai percontohan integrasi layanan primer


Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Candrawati menambahkan inisiasi terselenggaranya ILP dimulai dari advokasi PT Astra dengan Kementerian Kesehatan, terkait dengan peningkatan derajat kesehatan di daerah binaan Astra di Banjar Tegeh Sari Kelurahan Tonja.

Di Banjar Tegeh Sari dilakukan pembentukan posyandu prima pada Puskesmas Pembantu (Pustu) Tonja dan telah dicanangkan pada tanggal 19 November 2022. Tanggal 1 Januari 2023 ILP sudah berjalan di Pustu Tonja.

Astra memberikan sarana prasarana di Pustu Tonja berupa laptop, insentif kader, alat atropometri, alat cek laboratorium sederhana. Selain itu untuk di 10 posyandu lainnya diberikan alat atropometri kit dan cek laboratorium sederhana (asam urat, kolesterol, gula darah, Hb meter).

Pada tahun 2024 ini pihak Astra juga memberikan dukungan berupa peningkatan kapasitas kader dengan pelatihan 25 kompetensi kader yang dilaksanakan oleh Puskesmas, masing-masing Posyandu diambil lima kader dan sudah berlangsung tujuh Posyandu.

Baca juga: Kemenkes luncurkan Integrasi Layanan Primer Kesehatan
Baca juga: Wamenkes: Penguatan preventif layanan primer tekan kematian ibu di RS
Baca juga: Menkes tata ulang posyandu wujudkan promotif dan preventif kesehatan

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024