Skenario pertama kami akan tampil di IKN. Oleh karena itu kita memadukan musik Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, ada dua sisi Kalimantan, Barat dengan Sape-nya, kemudian di Selatan itu kan sedikit dipengaruhi instrumen Zapin dari Melayu...
Jakarta (ANTARA) - Gita Bahana Nusantara (GBN) mengkombinasikan alat musik Sape dari Kalimantan Barat (Kalbar) dan instrumen Zapin dari Melayu untuk merayakan kemerdekaan Indonesia tahun ini.

Narasumber GBN 2024 Purwa Tjaraka dalam konferensi pers di Cibinong, Jawa Barat, Kamis, menjelaskan kombinasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Skenario pertama kami akan tampil di IKN. Oleh karena itu kita memadukan musik Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, ada dua sisi Kalimantan, Barat dengan Sape-nya, kemudian di Selatan itu kan sedikit dipengaruhi instrumen Zapin dari Melayu, tetapi kita juga memadukan musik-musik Nusantara seperti Talempong dari Sumatera Barat dan lainnya," katanya.

Baca juga: Paduan suara Gita Bahana Nusantara awali rangkaian Upacara HUT RI

Purwa Tjaraka memaparkan meski paduan suara dan orkestra GBN batal tampil di IKN karena seluruh pertunjukan kesenian dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta, para peserta yang telah lolos audisi tetap berlatih secara maksimal untuk menampilkan yang terbaik.

Purwa Tjaraka melanjutkan ada pertimbangan khusus pertunjukan kesenian, termasuk GBN, batal tampil di IKN, diantaranya karena akomodasi dan infrastruktur untuk orkestra yang belum terbangun cukup kuat di sana.

"Skenarionya memang tahun ini kita di IKN, jadi untuk pusat pelatihan sebetulnya sudah siap, tetapi akomodasi alat-alat orkestra tentu membutuhkan perlakuan khusus," ucapnya.

Baca juga: Kemendikbudristek buka audisi Gita Bahana Nusantara mulai Maret 2024

Sementara itu Pelatih Orkestra alat tiup Nino Ario Wijaya mengemukakan melalui GBN dapat memupuk kedisiplinan para peserta dan membangun karakter mereka.

"Musik itu orang berkomunikasi dan dalam musik kedisiplinan itu sangat berdampak positif, apalagi GBN ini menyatukan anak-anak muda dari seluruh Nusantara," kata Nino.

Menurutnya, melalui GBN juga dapat membangun karakter anak-anak muda. "GBN dengan kedisiplinan waktu, pembangunan karakter, mengajarkan kita semua rendah hati dan bisa saling memahami," ujarnya. 

Baca juga: Sambut HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara gelar Konser Kemerdekaan

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024