Jakarta (ANTARA) - Keputihan merupakan keluarnya cairan atau lendir bukan darah dari organ kewanitaan. Keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada perempuan, namun bila sudah terkena bakteri akan sangat mengganggu karena terasa gatal. 

1. Kunci sirih

Jamu kunci sirih dibuat dari rimpang temu kunci, daun sirih, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam, serai, dan jeruk nipis yang bercita rasa pahit.

Jamu kunci sirih diduga memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa dimanfaatkan dalam mengobati keputihan untuk organ intim wanita (vagina).

Pembuatan jamu kunci sirih mudah, yakni dengan menghaluskan semua bahan dan kemudian memasaknya dengan air mendidih.

2. Daun sambiloto

Daun ini merupakan tanaman yang memiliki berbagai khasiat, salah satunya sebagai antibakteri.

Kandungan tersebut bisa mencegah keputihan. Pembuatan jamu sambiloto dengan membuat rebusan langsung dari daun sambiloto yang segar.

3. Kunyit asem

Jamu ini berbahan buah asam ditambah kunyit, kadang-kadang ada yang dicampur kedawung, dan air jeruk lemon, gula merah dicampur dengan gula putih dan sedikit garam digunakan sebagai pemanis.

Kunyit asem memiliki kandungan sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengontrol pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan keputihan.

Namun, perlu diperhatikan penggunaan jamu ini tidak boleh digunakan secara berlebihan dan tetap dibarengi pola hidup sehat.

​​​​​​​Untuk ibu hamil atau yang sedang mengonsumsi obat-obatan penggunaan jamu ini baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024