Banda Aceh (ANTARA) - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono mengharapkan pembangunan arena (venue) utama untuk pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, yaitu Stadion Harapan Bangsa (SHB), bisa rampung pekan depan atau sekitar pertengahan Agustus 2024.

“Insya Allah paling lambat minggu ketiga sudah selesai secara keseluruhan. Saya sangat optimistis karena direncanakan dengan baik,” kata Agung di Banda Aceh, Kamis.

Hal itu disampaikan Agung Laksono yang didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Aceh Azwardi saat meninjau pembangunan dan renovasi SHB di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, SHB Banda Aceh akan digunakan sebagai arena pembukaan PON XXI yang dijadwalkan pada 8 September 2024, dan juga untuk pertandingan sepak bola. Saat ini progres pembangunan fisik sudah mencapai 96 persen.

“Laporan secara fisik sudah 96 persen, sehingga di minggu ketiga diharapkan sudah selesai 100 persen,” katanya.

Selain itu, di dalam komplek SHB juga terdapat arena pertandingan berbagai cabang olahraga (cabor) mulai dari anggar, tenis, panahan, angkat besi, bola basket dan lainnya.

“Tidak hanya di sini, ada berbagai venue-venue lain termasuk yang di 10 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Sementara untuk penutupan (PON XXI) nanti di Kota Medan,” katanya.

Agung berharap, perhelatan PON XXI tersebut juga dapat mengukir prestasi yang baik, dan peningkatan prestasi bagi atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga.

“Ada 38 cabor pertandingan, dan ini penting sebagai wadah untuk pembibitan olahragawan nasional kita yang bisa dipersiapkan untuk event-event yang lebih besar Asian Games, Olympic Games dan lain-lain,” ujarnya.

Selain itu, anggota Wantimpres itu juga optimistis PON XXI akan berlangsung dengan baik. Apalagi penyelenggaraan bertumpu pada empat sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, dan sukses ekonomi, terutama ekonomi kerakyatan.

“Ada kuliner, handy craft dan lainnya. Begitu juga usaha-usaha lain yang terkait ke depannya, jadi PON ini mentrigger dunia usaha di Aceh,” ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur Sumut ajak pemuda remaja masjid sukseskan PON 2024

Baca juga: Kemenkominfo siapkan dukungan sarana telekomunikasi untuk PON XXI

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024