Terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung program JKN
Jakarta (ANTARA) -
International Social Security Association (ISSA) mengapresiasi Pemerintah Indonesia, khususnya BPJS Kesehatan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) Indonesia yang lebih dari 98 persen.
 
Apresiasi itu juga ditandai dengan penyerahan penghargaan dari Presiden ISSA Mohammed Azman kepada Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di sela-sela kegiatan Penyerahan Penghargaan UHC Awards 2024 di Jakarta, Kamis.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada BPJS Kesehatan atas capaian ini, dan kami menantikan kerja sama ke depannya. Pak Ghufron -Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti- dapat membagikan praktik pelayanan kesehatan ini kepada negara lain," kata Azman kepada wartawan usai menghadiri acara Penyerahan Penghargaan UHC Awards 2024 itu.
 
Menurut dia, capaian UHC tersebut bernilai penting untuk memastikan setiap individu di suatu negara mendapatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang layak.

Diketahui, UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.
 
UHC di Indonesia diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron menyampaikan, dalam satu dekade terakhir, kepesertaan JKN di tanah air telah mencapai 276.520.647 jiwa atau setara dengan 98,19 persen dari total penduduk Indonesia.
 
Ghufron mengatakan pula pencapaian UHC itu melampaui target pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jaminan Sosial 2023–2024. Perpres itu mengatur target kepesertaan JKN pada tahun 2024 mencapai 98 persen.
 
Atas capaian itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia.
 
Penghargaan itu menjadi bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduknya pada program JKN.
 
"Terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung program JKN. Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia," kata Ma'ruf Amin.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024