Jakarta (ANTARA) - Jahe merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Selain itu, jahe nyatanya dapat menjadi obat herbal alami karena mengandung banyak nutrisi. Tak heran banyak orang yang mengonsumsi jahe untuk khasiat kesehatan tubuh.

Jahe atau Zingiber Officinale berasal dari Asia Tenggara. Dengan harganya yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan, jahe menjadi pilihan herbal terbaik di Indonesia.

Ada berbagai jenis jahe, namun jenis jahe yang paling banyak digunakan adalah jahe merah dan jahe biasa. Dikenal dengan aroma yang khas dan rasa pedasnya, tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan termasuk salah satu jenis rempah yang paling sehat untuk tubuh.

Berikut adalah sejumlah manfaat jahe untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi rasa mual

Salah satu manfaat jahe yang paling terkenal adalah khasiat untuk mengatasi kondisi perut yang tidak stabil, seperti meredakan mual dan muntah.

Konsumsi jahe sangat bermanfaat bagi yang mengalami mual akibat kehamilan (morning sickness), pascaoperasi, atau efek dari kemoterapi. Hal ini disebabkan kandungan jahe yang dapat menekan dan menenangkan pusat sistem syaraf yang memicu rasa mual pada tubuh.

2. Mengatasi peradangan atau antiinflamasi

Kandungan utama dalam jahe yang menghasilkan manfaat ini adalah senyawa gingerol dan shogaol. Banyak kondisi serius, termasuk artritis reumatoid dan osteoarthritis dapat disebabkan oleh peradangan yang terus-menerus.

Konsumsi jahe secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi gejala seperti nyeri sendi atau pembengkakan pada hidung, tenggorokan, dan mata yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mengurangi rasa nyeri menstruasi

Pilihan yang tepat bagi wanita yang sedang menstruasi adalah minuman air jahe. Bahan alami dalam minuman jahe mengandung sifat antiradang dan pereda nyeri, minuman ini dapat membantu mengurangi kembung dan nyeri akibat menstruasi.

Cara kerja khasiat jahe yakni menghambat jalur lipoksigenase dan siklooksigenase, dalam sinstesis prostaglandin dan leukotrien yang menyebabkan kontraksi pada rahim.

Baca juga: Manfaat konsumsi teh jahe untuk kesehatan tubuh
Baca juga: Resep minuman jahe untuk perkuat daya tubuh saat berpuasa musim hujan


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024