Apalagi pangsa pasar saat ini sudah didominasi oleh generasi muda, sehingga teknologi menjadi salah satu faktor yang mereka gunakan untuk menawarkan jasa maupun produk yang akan digunakan
Sleman (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pesta rakyat "Geber Gaspol" atau gerakan bersama gunakan selalu produk berbahan baku lokal dalam rangka memeriahkan Hari UMKM Nasional tahun 2024, Kamis.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Pemda Sleman ini mengusung tema "perubahan tidak akan datang dari kaki yang diam".

Gerakan ini bertujuan untuk memperluas pasar UMKM Kabupaten Sleman, sekaligus membangun kemitraan antar sesama pelaku UMKM dengan pemangku kepentingan lainnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Haris Martapa saat membuka acara ini mengatakan, UMKM di Sleman telah menunjukkan peran yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Selain itu, UMKM juga bisa menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini harus memberikan manfaat secara maksimal bagi para peserta yang merupakan UMKM dari 17 kapanewon (kecamatan) se-Kabupaten Sleman. Terlebih, saat ini masyarakat sangat menggandrungi kegiatan ekonomi yang dilakukan secara daring.

"Apalagi pangsa pasar saat ini sudah didominasi oleh generasi muda, sehingga teknologi menjadi salah satu faktor yang mereka gunakan untuk menawarkan jasa maupun produk yang akan digunakan," katanya.

Haris menegaskan, peringatan Hari UMKM Nasional merupakan momentum penting untuk merayakan keberhasilan dan kontribusi usaha mikro kecil dan menengah yang telah menjadi tulang punggung perekonomian Kabupaten Sleman.

"Untuk itu diharapkan pelaksanaan Hari UMKM Nasional seperti ini mampu menjadi parameter peningkatan kualitas UMKM Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi peserta, sehingga dapat memasarkan produk-produk yang dihasilkan secara kreatif.

"Kepada pelaku UMKM kami imbau untuk terus kreatif dalam berinovasi, menciptakan berbagai produk sesuai dengan ketentuan dan selera pasar," katanya.

Geber Gaspol 2024 yang berlangsung selama dua hari, pada 8 dan 9 Agustus 2024 ini dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan, yaitu grebek gunungan produk UMKM Kabupaten Sleman, sarasehan dengan tajuk membedah Peraturan Bupati Nomor 49 Tahun 2022 tentang Forum Komunikasi UMKM Berjenjang, bazar UMKM, lomba mewarnai, senam masal dan festival akustik.

Baca juga: Dinkop UKM Sleman terus tingkatkan kemampuan digital pelaku UMKM
Baca juga: Sleman luncurkan "Gerebek Koperasi Ilegal" untuk berantas rentenir
Baca juga: Dinkop UKM Sleman fasilitasi 130 pelaku usaha menengah ikuti pameran

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024