Pencapaian UHC ini bukan sekadar angka statistik, melainkan juga merupakan wujud nyata dari tanggung jawab negara dalam memastikan setiap individu mendapatkan layanan kesehatan yang layak
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan capaian Universal Health Coverage (UHC) Indonesia lebih dari 98 persen merupakan bukti bahwa negara memastikan setiap individu mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

"Pencapaian UHC ini bukan sekadar angka statistik, melainkan juga merupakan wujud nyata dari tanggung jawab negara dalam memastikan setiap individu mendapatkan layanan kesehatan yang layak," kata Dirut BPJKS Kesehatan Ghufron Mukti dalam kegiatan Penyerahan Penghargaan UHC Awards 2024 di Jakarta, Kamis.

Diketahui UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif serta bermutu dengan biaya terjangkau.

Baca juga: Strategi BPJS Kesehatan "berpesiar" perluas kepesertaan JKN 

Di Indonesia, Ghufron mengatakan UHC dapat dilihat dari tingkat kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam satu dekade terakhir, kata dia, kepesertaan JKN di Tanah Air telah mencapai 276.520.647 jiwa atau setara dengan 98,19 persen dari total penduduk Indonesia.

Ghufron mengatakan pencapaian UHC itu melampaui target pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Peta Jalan Jaminan Sosial 2023–2024. Perpres itu mengatur target kepesertaan JKN pada tahun 2024 mencapai 98 persen.

Selain wujud bukti kehadiran negara memastikan setiap individu mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, Ghufron juga mengatakan capaian UHC menunjukkan cakupan akses kesehatan di Indonesia semakin luas.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin berikan UHC Awards kepada 493 kepala daerah

Atas capaian itu, dalam kesempatan yang sama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia.

Penghargaan itu menjadi bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduknya pada program JKN.

"Terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung program JKN. Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres apresiasi capaian target UHC di Indonesia

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024