Jakarta (ANTARA) -
Pada era digital saat ini, investasi saham online kian diminati oleh para pemula. Seiring dengan kemajuan teknologi, akses untuk berinvestasi saham melalui platform online menjadi semakin mudah.

Para pemula yang ingin memulai investasi saham perlu memahami langkah-langkah dasar yang diperlukan sebelum terjun ke dunia jual beli saham.

Perlu Anda ketahui, bahwa investasi saham sebenarnya tidak sesulit yang sering dibayangkan banyak orang. Para pemula dapat mencoba berbagai metode trading saham, seperti melalui online trading menggunakan smartphone.

Selain itu, banyaknya informasi yang tersedia dapat membantu mempelajari pola dan kondisi pasar. Tidak ada waktu yang terlalu larut untuk memulai trading saham.

Lalu, apa saja langkah yang perlu Anda ambil sebelum memulai? Simak informasi berikut agar Anda terhindar dari kesalahan saat bermain saham.
 
1. Pahami dasar-dasar saham
 
Sebelum memulai investasi, penting bagi Anda untuk mengetahui definisi saham dan cara kerja pasar saham.

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dalam sebuah perusahaan. Dengan membeli saham, Anda membeli sebagian kepemilikan dari perusahaan tersebut.
 
Anda dapat memperluas pengetahuan dengan membaca buku tentang saham, mengikuti informasi di media sosial, atau menonton video di internet. Diskusi dengan komunitas atau orang yang sudah berpengalaman juga dapat sangat bermanfaat.

Baca juga: Pengertian saham dan pasar saham
Baca juga: Apakah main saham haram dalam Islam?

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024