Mataram (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat(DPP)  Partai Golkar resmi mengusung Lalu Muhammad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk Pilkada 27 Nopember 2024.

Pengumuman ini bersamaan dengan nama-nama bakal calon gubernur/wakil gubernur di sembilan provinsi lain, termasuk bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di 278 kabupaten/kota di Indonesia yang disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia di Jakarta, Kamis.

"Di NTB kita mencalonkan Lalu Muhammad Iqbal sebagai Gubernur NTB dan wakilnya Indah Dhamayanti Putri," kata Ahmad Doli Kurnia yang bisa disaksikan secara langsung melalui kanal Youtube dari Mataram.

Ia mengatakan dalam proses Pilkada ini, Partai Golkar sudah melakukan persiapan sejak 2,5 tahun yang lalu.

"Jadi sebelum ini ada beberapa atau banyak daerah yang sudah kami tuntaskan 18 Juli lalu dan sudah kami umumkan 10 cagub/cawagub dan 31 bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota untuk kabupaten/kota," ucapnya.

"Dan hari ini 8 Agustus kami umumkan 10 lagi cagub/cawagub nanti lagi 18 Agustus terakhir kalau masih ada tanggal 26 Agustus diumumkan lagi," sambung Doli.

Menurutnya 10 daerah yang diumumkan saat ini sudah disimulasikan, assessment dan dirapatkan serta diputuskan bersama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Rabu (7/8) malam.

"Setelah ini kita tunggu 18 Agustus diumumkan lagi sehingga masih ada sisa 15 provinsi dan 199 kabupaten/kota lagi yang akan diumumkan," katanya.

Diketahui Partai Golkar menjadi partai keempat yang telah memberikan dukungan secara resmi ke Iqbal-Dinda setelah PAN, Gerindra dan PPP. Dengan dukungan empat partai ini Iqbal-Dinda sudah mengumpulkan 31 kursi di DPRD NTB. PPP 7 kursi, PAN 4 kursi, Gerindra 10 kursi dan Partai Golkar 10 kursi. Selain itu, pasangan ini juga mendapat dukungan dari PSI.

Artinya dengan empat partai ini sudah sangat cukup bahkan lebih untuk bisa mendaftar sebagai calon di Pilkada gubernur dan wakil gubernur NTB pada 27-29 Agustus 2024 di KPU NTB.
Baca juga: Ketua Dewan Pembina Golkar minta kader jaga soliditas jelang munas
Baca juga: Golkar minta dukungan partai di luar KIM untuk usung Ridwan Kamil


Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024