Denpasar (ANTARA) - Kadek Krisna Dwipayana, mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali, berhasil meraih juara pertama dalam lomba Karya Kreatif Muda (KKM) yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI).

"Karya Krisna adalah contoh nyata dari potensi besar yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia, khususnya di Bali, dalam menggabungkan kreativitas dengan warisan budaya lokal," kata Kepala Perwakilan BI Bali Erwin Soeriadimadja dalam keterangannya di Denpasar, Kamis.

Pihaknya sangat bangga dan berharap prestasi Krisna akan menginspirasi lebih banyak anak muda untuk berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi kreatif Indonesia.

KKM, lanjut dia, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Digital Indonesia (FEKDI) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024 yang telah dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 1-4 Agustus 2024 dan diikuti oleh desainer dari seluruh provinsi di Indonesia.

Baca juga: BI tampilkan 1.000 UMKM binaan di Karya Kreatif Indonesia 2023

"Kemenangan Krisna ini merupakan bukti dari kreativitas dan dedikasi dalam mengangkat budaya lokal ke kancah nasional dan internasional. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi anak muda lainnya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan seni dan budaya Indonesia," ucap Erwin.

Bank Indonesia, ujar dia, terus berkomitmen mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia melalui berbagai kompetisi yang memberikan ruang bagi anak muda untuk terus berinovasi dan menghasilkan karya-karya terbaik yang dapat mengharumkan nama Bali dan Indonesia.

Krisna Dwipayana mengusung karya dengan tema Uluwatu Signature yang terinspirasi dari keindahan Bali sebagai salah satu destinasi wisata dengan panorama matahari terbenam paling indah di dunia.

Baca juga: ISI Denpasar pertahankan lima penghargaan IKU Tertinggi 

Pemilihan tema Uluwatu Signature ini untuk menggambarkan keindahan dan keunikan Pura Uluwatu di Kabupaten Badung, Bali, dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Dalam desainnya, Krisna memilih kain karya Agung Bali Collection dengan kekayaan motif yang merefleksikan budaya Bali.

"Saya sangat terinspirasi oleh keindahan Uluwatu dan ingin menggambarkannya dalam karya saya. Saya berharap desain ini dapat menunjukkan keindahan Bali kepada dunia dan turut serta dalam melestarikan budaya kita," kata Krisna.

Baca juga: ISI Denpasar tampil dalam ajang nasional dan internasional bergengsi

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024