Jakarta (ANTARA) - Di Indonesia, emas kerap kali dipilih sebagai mas kawin atau hadiah. Selain memiliki nilai estetika, emas juga memiliki nilai ekonomi yang menjadikannya aset investasi. Belakangan ini, semakin banyak orang yang mulai tertarik berinvestasi dalam bentuk emas.

Anda bisa berinvestasi dalam bentuk perhiasan emas. Namun, investasi melalui perhiasan memiliki risiko kehilangan serta potensi penurunan nilai jika perhiasan mengalami kerusakan.

Selain dalam bentuk perhiasan, Anda juga bisa melakukan investasi logam mulia atau emas batangan. Salah satu keuntungan dari jenis emas ini adalah keberadaan emas fisik yang asli dan disertai dengan sertifikat. Namun, kekurangannya adalah adanya risiko kehilangan.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, Anda perlu memahami kekurangan dan kelebihannya agar dapat mengidentifikasi risiko serta potensi keuntungannya. Berikut adalah poin-poin penting yang harus Anda pahami:

1. Harga emas cenderung naik

Dibandingkan mata uang yang relatif terus menurun, nilai Emas justru lebih stabil. Meskipun terkadang ada sedikit penurunan, namun nilai logam mulia ini bisa dibilang terus meningkat setiap tahunnya.

Sehingga, saat dibutuhkan Anda bisa melakukan penjualan kembali emas yang dibeli atau buyback dan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Investasi emas juga bisa melindungi nilai kekayaan Anda dari inflasi akibat resesi ekonomi.

Baca juga: Cara menabung emas di Pegadaian beserta syaratnya 
Baca juga: Berapa bunga gadai emas di Pegadian? Ini hitungannya

2. Mudah dicairkan menjadi uang, baik dijual atau digadai.

Emas dapat dengan cepat diubah menjadi uang tunai melalui penjualan atau gadai di toko emas atau lembaga pegadaian. Berbeda dengan produk investasi di pasar modal, yang hanya bisa dijual saat bursa beroperasi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencairkan dana.

Namun, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa lembaga jasa keuangan yang Anda pilih terdaftar dan memiliki izin dari OJK untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi.


3. Investasi rendah resiko

Untuk pemula, investasi emas adalah pilihan yang tepat karena logam mulia ini merupakan jenis investasi berisiko rendah.

Sehingga kemungkinan Anda untuk mengalami kerugian pun bisa terbilang kecil. Bahkan, Anda dapat memulai investasi emas dengan modal yang cukup terjangkau.


4. Mudah didapatkan

Ada begitu banyak toko emas yang menawarkan berbagai jenis emas, baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan. Namun, untuk memastikan keaslian dan nilai emas, disarankan untuk membeli dari sumber yang terpercaya.

Jika Anda ingin membeli emas ANTAM LM, kunjungi Butik Emas LM terdekat atau pesan secara online melalui situs resmi www.logammulia.com/id.


Dengan memahami berbagai keuntungan dari investasi emas, Anda dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan finansial Anda. Selalu pastikan untuk membeli emas dari sumber terpercaya untuk menjamin keamanan dan integritas investasi Anda.

Baca juga: Tips berinvestasi aman untuk pemula
Baca juga: Pakar sebut diversifikasi sebagai kiat investasi aman di tahun politik

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024