Jakarta (ANTARA) - Jamu bisa menjadi salah satu alternatif obat alami yang bisa digunakan untuk memperlancar haid. Gangguan haid berupa siklus yang tidak teratur dialami oleh banyak perempuan dan kerap menjadi suatu kekhawatiran. Hal ini lantaran haid yang tidak teratur bisa juga menunjukkan reproduksi yang kurang sehat.

Banyak hal yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, seperti stress, obat-obatan, pola hidup yang tidak sehat, olahraga berlebih, atau mengidap polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium. Jika metabolisme tubuh sedang tidak dalam kondisi baik bisa mengakibatkan hormon juga tidak dikeluarkan dengan tepat. Hal ini menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Jamu tradisional yang terbuat dari rempah alami dan dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk melancarkan menstruasi yang tidak teratur. Berikut beberapa jenis jamu untuk memperlancar haid:

1. Kunyit asam
Kunyit, kunir atau turmeric bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional. Melansir dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, biasanya kunyit dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat jamu kunyit asam, bahan utama yang digunakan meliputi buah asam ditambah kunyit, kadang-kadang ada yang dicampur dengan kedawung, dan air jeruk lemon, gula merah dicampur dengan gula putih dan sedikit garam digunakan sebagai pemanis. Jamu ini dipercaya untuk menyegarkan tubuh, mengatasi nyeri tenggorokan, mendinginkan perut dan mempercepat menstruasi.

2. Beras kencur
Minuman ini terbuat dari beras, kencur, jahe, kunir dan asam jawa yang kaya kandungan antioksidan. Melansir dari buku Manajemen Kesehatan Menstruasi, mengonsumsi jamu beras kencur hangat menjelang atau pada saat menstruasi bisa membantu mengatasi rasa lelah, letih, lemah dan lesu akibat karena tubuh kehilangan sel darah merah, juga menghilangkan rasa kembung akibat pengumpulan cairan di dalam rongga perut.

3. Daun pepaya
Buah pepaya ini mengandung karoten yang mampu meningkatkan kinerja hormon estrogen untuk membantu rahim berkontraksi, sehingga siklus haid menjadi lancar. Haid yang disebabkan karena kecapaian, bisa dengan menggunakan daun pepaya untuk dikonsumsi sebagai jamu. Pembuatannya dengan daun pepaya muda segar 1-2 helai, tambahkan garam sedikit dan air secukupnya, direbus sampai mendidih, disaring dan diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir.

4. Jahe
Jahe dapat menjadi bahan ramuan termasuk jamu melancarkan haid. Jahe dapat dikonsumsi dengan mengambil ekstraknya atau diolah dengan cara direbus air. Untuk mengolah jahe sebagai ramuan, cukup menambahkan beberapa irisan jahe ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa saat dan teh jahe pun siap untuk dinikmati atau juga bisa menambahkan perasan lemon atau madu untuk membuat teh jahe agar lebih nikmat.

Namun, perlu diperhatikan penggunaan jamu tradisional untuk perlancar haid tidak digunakan secara berlebihan, serta dibarengi juga dengan gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan, berolahraga rutin, dan istirahat yang cukup. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024