Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan kereta otonom tanpa rel diupayakan menjadi moda transportasi bagi para menteri yang akan menghadiri sidang kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ya kita usahakan karena kita akan cek dulu jalurnya dari Hotel Nusantara, kan pergerakannya dari Hotel Nusantara ke Istana Garuda, kami akan cek dulu jalurnya," kata Yusuf di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Diketahui, para menteri tersebut dijadwalkan tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu (11/8) dan selanjutnya akan menginap di Hotel Nusantara IKN, sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna pada Senin (12/8).

Yusuf mengatakan pihaknya akan mengatur transportasi para menteri selama sidang kabinet paripurna agar berjalan tertib dan juga tidak mengganggu proses pembangunan IKN yang saat ini masih berjalan.

"Yang pasti adalah transportasi pergerakan para menteri sejak dari Balikpapan akan kita coba atur, termasuk pergerakan dari Hotel Nusantara ke Istana Garuda agar dapat berjalan dengan tertib dan juga tidak mengganggu proses pembangunan yang sedang dilakukan. Artinya, tidak terlalu banyak kendaraan yang diharapkan akan masuk ke Ibu Kota Nusantara karena masih dalam proses pembangunan," katanya.

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa uji coba kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) di IKN pada rute pendek, diagendakan bakal dilakukan pada 10 Agustus 2024.

"Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (6/8).

Guna mendukung uji coba ini, Risal menyebut bahwa jajaran DJKA saat ini tengah melakukan pengujian internal pada sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024," ujarnya pula.

Baca juga: Istana matangkan persiapan sidang kabinet paripurna perdana di IKN
Baca juga: Presiden diagendakan menyaksikan langsung gladi bersih upacara di IKN

Pewarta: Benardy Ferdiansyah, Mentari Dwi Gayati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024