Jakarta (ANTARA) - Banyak orang dewasa yang merasa belum lengkap dalam memulai hari kalau belum menyeruput segelas kopi hitam. Namun tidak semua orang mampu menyeduh secangkir kopi hitam yang nikmat dengan takaran yang tepat.

Berikut ini adalah panduan yang tepat dalam menyeduh kopi hitam, seperti dihimpun dari sejumlah sumber.

1. Gunakan biji kopi segar yang berkualitas baik.
Belilah biji kopi dari pemanggang biji kopi (roaster) lokal atau dari toko kopi yang terpercaya. Hindari membeli kopi bubuk yang sudah lama disimpan karena akan kehilangan kesegaran dan rasanya.

2. Gunakan air matang dan bersih.
Air yang baik untuk menyeduh kopi adalah air yang tidak mengandung klorin atau rasa tidak enak. Seduh kopi dapat menggunakan air kemasan atau menyaring air keran dengan filter arang aktif.

3. Gunakan rasio kopi dan air yang tepat.
Rasio standar untuk menyeduh kopi dengan kekuatan yang tepat adalah dua sendok makan kopi bubuk per cangkir ukuran150 mililiter atau sekitar dua setengah sendok makan per cangkir ukuran 250 mililiter.

4. Gunakan suhu air yang tepat.
Suhu air yang ideal untuk menyeduh kopi adalah sekitar 93,33 derajat Celsius atau sekitar 45 detik setelah mendidih.

5. Gunakan metode seduh yang tepat.
Ada tiga metode umum untuk menyeduh kopi di rumah, yaitu metode tetes (drips), metode tuang (pour over), dan metode french press. Pilih metode yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

6. Bersihkan peralatan kopi secara teratur.
Bersihkan wadah penyimpanan dan penggiling kopi setidaknya setiap satu bulan sekali untuk menghilangkan penumpukan minyak. Anda bisa menggunakan pembersih khusus untuk membersihkan peralatan untuk membuat kopi itu.

7. Nikmati kopi segera setelah diseduh.
Kopi yang dibiarkan terlalu lama akan kehilangan kesegaran dan rasanya. Jika memang tidak berencana untuk segera meminum kopinya, simpanlah dalam wadah tertutup rapat di lemari es.

Kiat membuat kopi hitam dengan metode tuang (pour over)

  1. Didihkan air dingin dalam ketel.
  2. Bila menggunakan biji kopi utuh, giling biji kopi hingga mencapai tekstur menyerupai garam dapur.
  3. Masukkan saringan ke dalam alat seduh dan bilas dengan air panas. Ini akan menghilangkan sisa-sisa kertas pada saringan dan menghangatkan alat seduh, sehingga kopi bisa tetap panas lebih lama. Buang air yang digunakan untuk membilas.
  4. Masukkan bubuk kopi ke dalam saringan, pastikan permukaannya rata. Saat suhu air antara 90,56 derajat Celsius sampai 96,11 derajat Celsius atau sekitar satu menit setelah diangkat dari api, tuangkan air secukupnya secara perlahan ke atas bubuk kopi, mulai dari bagian tengah dan teruskan ke arah luar. Hentikan penuangan sebelum kopi mulai menetes. Ini disebut penuangan “bloom”, yang memungkinkan kopi mengeluarkan gas.
  5. Tuangkan air yang tersisa secara perlahan, jaga agar air dalam penetes tetap terisi antara setengah dan tiga perempat. Proses ini akan memakan waktu tiga hingga empat menit. Angkat saringan dengan hati-hati, lalu sajikan dan nikmati.
Kiat membuat kopi hitam dengan metode french press

  1. Didihkan air dalam ketel.
  2. Jika menggunakan biji kopi utuh, giling biji kopi hingga mencapai tekstur kasar seperti remah roti (lebih kasar daripada kopi yang dibuat dengan metode tuang). Bubuk kopi harus berukuran seragam, tanpa banyak butiran halus. Tuang bubuk kopi ke dalam wadah french press.
  3. Saat suhu air antara 90 derajat Celsius sampai 96 derajat Celsius atau sekitar satu menit setelah diangkat dari api, tambahkan air ke dalam wadah french press dan aduk dengan cepat bersamaan dengan bubuk kopi. Kemudian biarkan sekitar empat menit hingga bubuk kopi perlahan turun. Kemudian masukkan alat press ke dalam wadah dan tekan secara perlahan.
  4. Sajikan dan nikmati.
  5. Catatan: Jika Anda tidak berencana untuk langsung meminum kopi yang sudah dibuat dengan metode french press, jangan biarkan kopi di dalam wadah french press terlalu lama, karena bubuk kopi akan terus mengeluarkan saripati kopi, sehingga air kopi menjadi pahit. Sebaliknya, tuang air kopi ke dalam teko untuk dinikmati nanti.
Kiat membuat kopi hitam dengan metode tetes

  1. Jika menggunakan biji kopi utuh, giling biji kopi hingga mencapai tekstur yang sama seperti garam dapur biasa. Tuang bubuk kopi ke dalam wadah penyaring, lalu taruh di mesin tetes. Putar corong air di atas bubuk kopi.
  2. Tuangkan air bersih ke bagian belakang mesin (bukan ke bubuk kopi) dan tekan tombol untuk menyalakan mesin.
  3. Matikan mesin segera setelah selesai menyeduh kopi (mesin akan berhenti mengeluarkan gelembung) untuk menghindari rasa gosong. Pastikan untuk membersihkan mesin sebulan sekali untuk menghilangkan residu yang menumpuk.

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024