Jakarta (ANTARA) -
Grup musik Govinda menyebut mars Bola Basket Indonesia yang mereka ciptakan merupakan perwujudan untuk mendukung perjuangan para atlet untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.
 
Salah seorang personel Govinda sekaligus pencipta lirik mars tersebut, Ade Govinda, mengatakan lagu itu terinspirasi dari pencapaian para atlet dalam lima tahun terakhir, serta para legenda yang telah mengharumkan nama Indonesia selama ini di setiap event olahraga bola basket.
 
"Harapan kami, dengan adanya mars ini akan lahir prestasi-prestasi lebih baik lagi dan menjadi penyemangat bagi atlet saat bertanding," kata Ade usai mengikuti peluncuran mars yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Jakarta, Kamis.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, sebagai masyarakat yang juga rutin melakukan aktivitas olahraga itu, para personel Govinda selama ini terus berpikir tentang cara untuk mendukung PP Perbasi dan atlet, sehingga akhirnya terpikir untuk membuat mars tersebut.
 
Ia menambahkan, proses pembuatan mars itu tidak berlangsung lama, karena memang niatan untuk membuatnya sudah ada sejak jauh hari, sehingga tidak merampungkan ide-ide yang ada untuk mengemasnya menjadi sebuah irama.
 
Harapannya, mars itu menjadi bahan bakar penyemangat dan simbol untuk merayakan kemenangan, serta menyatukan perasaan bersama untuk mencintai olahraga bola basket di Indonesia.
 
"Semoga mars itu menjadi perekat sekaligus penguat kekuatan PP Perbasi untuk mewujudkan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia," ujar Ade.
 
Baca juga: Mars Bola Basket Indonesia jadi lagu resmi PP Perbasi
Personel grup musik Govinda bersama Ketum PP Perbasi Danny Kosasih (ketiga kiri) dan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi (kedua kanan), dalam kegiatan peluncuran mars Bola Basket Indonesia di Jakarta, Kamis (8/8/2024). ANTARA/Donny Aditra
 
Personel Govinda lainnya, Ifan, mengatakan proses pembuatan mars itu tidak sulit, walaupun grupnya beraliran pop rock.
 
"Prosesnya kurang lebih satu pekan dan isi liriknya tentu terinsipirasi dari aktivitas olahraga itu sendiri," ujar dia.
 
Ifan juga bersyukur, Perbasi mengapresiasi niatan baik Govinda yang telah membuat lagu itu, dengan menjadikannya mars wajib di setiap kegiatan.
 
"Kami berterima kasih, karena sambutan dan penghargaan yang diberikan untuk sumbangsih mars yang kami buat," ujar dia.
   
Berikut lirik mars Bola Basket Indonesia:
 
 
 
Kami berjanji untuk Merah Putih.
 
Menjadi patriot bola basket.
 
Semangat juara, junjung sportivitas, berpegang akhlak mulia.
 
Dari penjuru di Indonesia, berjuang pantang menyerah.
 
Kami gigih bertahan, transisi dan menyerang.
 
Kerja sama jadi juara.
 
 
 
Bola basket Indonesia, berjayalah di setiap arena.
 
Mengharumkan negara kita tercinta.
 
Hidup bola basket Indonesia.
 
Maju bola basket Indonesia.
 
Jaya bola basket Indonesia.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024