Kami sangat bersyukur tentang hal itu, mudah-mudahan nanti kita bisa membuat program-program yang bisa lebih baik lagi
Batam (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meninjau kegiatan pengobatan gratis yang digelar TNI bersama Polri di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis.
 
Selain meninjau pengobatan gratis, KSAD juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 500 paket kepada warga Kelurahan Kecamatan Galang.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin berikan UHC Awards kepada 493 kepala daerah
 
Kegiatan itu, turut dihadiri Gubenur Kepri Ansar Ahmad, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Kapolda Kepri Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, Dirut PT Mega Elok Graha (MEG) dan pejabat lainnya.
 
"Saya sangat bahagia sekali bisa bertemu dengan masyarakat Kelurahan Cijantung, Galang," kata Maruli menyapa masyarakat.
 
Kunjungan ke Galang, Batam merupakan rangkaian kunjungan kerja KSAD ke sejumlah daerah di Sumatera, dimulai dari Padang, Sumatera Barat.
 
Maruli mengapresiasi proyek pemerintah yang berjalan di Galang, Batam, berkat dukungan masyarakat.
 
"Kami sangat bersyukur tentang hal itu, mudah-mudahan nanti kita bisa membuat program-program yang bisa lebih baik lagi," katanya.
 
Tokoh Masyarakat Galang Said Adnan Alatas menyambut baik bakti sosial dan bakti kesehatan yang dilaksanakan KSAD.
 
Karena, kata dia, masyarakat setempat sangat membutuhkan bantuan tersebut, mengingat lokasi Kecamatan Galang yang berada di pulau-pulau berada jauh dari pusat Kota Batam.
 
"Dulu di sini hanya ada satu sekolah, yakni SD, sekarang sudah ada sampai jenjang SMA. Memang layanan kesehatan dan bantuan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat," kata Said mewakili warga.

Baca juga: Menag minta skema Murur pada ibadah haji 2025 dipersiapkan sejak dini
 
Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menambahkan kegiatan bakti sosial dan kesehatan perlu digalakkan di Kecamatan Galaing.
 
Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan yang gelar TNI AD membantu pemerintah daerah dalam memberikan layanan kesehatan dan bantuan sosial kepada masyarakat.
 
"Tentu kami mengapresiasi kegiatan ini, ada fasilitas kesehatan di Galang ini dapat kiranya membantu masyarakat dalam mendapatkan pengobatan," kata Ansar.
 
Sekitar 100 lebih masyarakat mengikuti pengobatan gratis. Layanan pemeriksaan kesehatan umum, dan pengecekan gula darah, darah tinggi dan kolesterol.
 
Menurut petugas medis hampir sebagian besar warga Galang yang memeriksakan kesehatannya punya masalah dengan kolesterol.
 
Adapun RSKI Galang, Kepulauan Riau atau dikenal sama masyarakat Rumah Sakit Corona mulai dialihfungsikan menjadi rumah sakit untuk penyakit menular dan tempat riset.

Fasilitas kesehatan di RSKI Galang selain untuk merawat pasien COVID-19, juga dimanfaatkan untuk melayani kesehatan masyarakat sekitar secara gratis.

Baca juga: CGTN: Perenang Tiongkok Bebas Doping: Menjalani Lebih dari 600 Tes, Tanpa Pelanggaran

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024