Pesan Presiden sangat jelas untuk menghadirkan masyarakat di sekitar IKN, baik tokoh agama, adat, budaya, rektor, maupun pekerja yang ada di IKN.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengundang pekerja konstruksi di kawasan Ibu Kota Nusantara untuk turut mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi pada Peringatan HUT Ke-79 RI di IKN, Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan bahwa kalangan masyarakat sekitar IKN seperti tokoh agama, tokoh adat, budayawan, hingga rektor juga menjadi bagian dari undangan peserta upacara di IKN pada tanggal 17 Agustus 2024.

"Pesan Presiden sangat jelas untuk menghadirkan masyarakat di sekitar IKN, baik tokoh agama, adat, budaya, rektor, maupun pekerja yang ada di IKN, untuk dapat dihadirkan dan ikut dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI," kata Yusuf saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Yusuf menyebutkan total undangan peserta upacara di IKN sebanyak 1.400 orang.

Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara, serta dihadiri oleh calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto.

Panitia menyiapkan hingga 1.400 kursi di bagian dalam kawasan lapangan upacara, serta di bagian luar untuk mengantisipasi kehadiran masyarakat dan pekerja IKN.

Sementara itu, Istana juga sudah mengirimkan undangan upacara di dua tempat, yakni di IKN untuk mantan presiden RI dan Istana Merdeka Jakarta untuk mantan wakil presiden RI.

Undangan untuk anggota DPR/MPR, menteri, tokoh agama, adat, dan budaya serta masyarakat juga dibagi dua, yakni di IKN dan Jakarta.

"Untuk yang di IKN, undangan itu terdiri atas Presiden dan Ibu Negara, mantan presiden, pimpinan ketua lembaga negara, dan menteri. Panglima TNI, Kapolri, tokoh agama, budaya, adat, dan masyarakat sekitar semua akan kami hadirkan di Istana Negara IKN," kata Yusuf.

Baca juga: Presiden diagendakan menyaksikan langsung gladi bersih upacara di IKN
Baca juga: Ratusan personel TNI untuk upacara HUT RI tiba di Pelabuhan Balikpapan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024