Hari ini bersejarah karena Indonesia dan Jepang telah menyempurnakan dan memperbarui Perjanjian IJEPA agar lebih modern
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan penandatanganan Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) secara simultan melalui konferensi video bersama Menteri Luar Negeri Jepang Kamikawa Yoko di Jakarta, Kamis.

"Saya bersama Menlu Jepang menandatangani Protokol Perubahan IJEPA. Hari ini bersejarah karena Indonesia dan Jepang telah menyempurnakan dan memperbarui Perjanjian IJEPA agar lebih modern," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Zulkifli mengatakan cakupan Protokol Perubahan IJEPA meliputi amandemen serta peningkatan komitmen untuk bab perdagangan barang, perdagangan jasa termasuk niaga elektronik (e-commerce), pergerakan orang perseorangan (Movement of Natural Persons/MNP), kerja sama, kekayaan intelektual, serta pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Lebih lanjut, Zulkifli menjelaskan untuk perdagangan barang, Jepang akan memperbaiki akses pasar untuk 112 pos tarif produk Indonesia.

Adapun produk tersebut antara lain, produk segar dan olahan ikan termasuk tuna, cakalang, lobster dan kerang; buah-buahan; makanan dan minuman; serta bahan kimia organik.

Baca juga: Mendag siapkan tim khusus cari WNA pemasok barang ilegal di Indonesia

Baca juga: Mendag sebut impor keramik dikenakan BMAD hingga 50 persen


Sedangkan, Indonesia akan memperbaiki akses pasar untuk 25 pos tarif produk Jepang, antara lain, produk besi dan baja, serta otomotif.

Sementara itu, untuk perdagangan jasa, kedua pihak sepakat memperluas akses pasar bidang perbankan
serta mengembangkan kapasitas di bidang real estate dan transportasi.

Indonesia dan Jepang juga menyepakati bab e-commerce untuk memfasilitasi perkembangan perdagangan melalui sistem elektronik.

Untuk MNP, kedua negara sepakat menambah masa kerja perawat dan pengasuh (caregiver) Indonesia di Jepang, menyempurnakan prosedur imigrasi dan penempatan, serta meningkatkan perluasan pasar kerja tenaga kerja Indonesia di Jepang melalui pembahasan liberalisasi lebih lanjut untuk profesi lainnya.

"Dengan Perubahan Protokol IJEPA, ekspor Indonesia ke Jepang pascaimplementasi IJEPA diproyeksikan meningkat rata-rata 11,6 persen per tahun (2024-2033). Sementara itu, ekspor Indonesia ke Jepang diproyeksikan mencapai nilai 35,9 miliar dolar AS pada 2028, naik 58 persen dari nilai ekspor 2023 senilai 20,8 miliar dolar AS," kata Zulkifli.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag RI Djatmiko Bris Witjaksono mengatakan, melalui Protokol Perubahan IJEPA, Jepang memberikan tambahan pengurangan dan penghapusan tarif bea masuk untuk produk-produk ekspor potensial Indonesia, termasuk produk perikanan segar dan olahan yang menjadi kepentingan nasional.

Jepang juga setuju mengeliminasi tarif untuk produk olahan tuna dan cakalang sehingga Indonesia kini memiliki preferensi tarif yang setara dengan pesaing di kawasan seperti Thailand dan Filipina.

"Di sisi lain, Jepang juga menambah kuota untuk impor pisang dan nanas asal Indonesia yang bisa
mendapatkan tarif nol persen," kata Djatmiko.

Djatmiko menambahkan Protokol Perubahan IJEPA mencakup perubahan dan penyempurnaan teks
perjanjian peningkatan komitmen akses pasar.

Prokokol ini diharapkan semakin membuka pasar Jepang untuk produk Indonesia. Sebagai tindak lanjut penandatanganan, kedua negara akan memulai proses ratifikasi yang diharapkan dapat diselesaikan
pada 2025.

IJEPA merupakan perjanjian perdagangan bilateral pertama Indonesia yang diberlakukan sejak 2008.
Sesuai ketentuan IJEPA, kedua negara akan melakukan General Review untuk mengevaluasi pemberlakuan perjanjian lima tahun setelah implementasinya.

Sebelumnya, kedua negara telah melaksanakan perundingan General Review IJEPA pada periode 2015-2019 dan menghasilkan laporan bersama (joint report) sebagai basis merundingkan Protokol Perubahan IJEPA. Penyelesaian perundingan Protokol Perubahan IJEPA sebelumnya telah diumumkan di Tokyo, Jepang pada 16 Desember 2023.

Baca juga: Wamendag: IJEPA dorong peningkatan perdagangan Indonesia-Jepang

Baca juga: Indonesia-Jepang bahas perkembangan Protokol Perubahan IJEPA

Baca juga: Indonesia-Jepang selesaikan perundingan protokol perubahan IJEPA


 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024