Jakarta (ANTARA) -
Mars Bola Basket Indonesia yang dibuat dan disumbangkan oleh grup musik Govinda, menjadi lagu resmi Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), dalam setiap kegiatan yang di bawahi oleh organisasi olahraga tersebut.
 
Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, bahwa mars tersebut akan mewakili semangat induk organisasi itu untuk membangun, mendorong, dan meningkatkan semangat para atlet untuk berprestasi, serta membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga bola basket.
 
"Mars Bola Basket Indonesia ini menjadi penyemangat organisasi dalam mencetak sejarah di masa mendatang, juga jadi penyemangat bagi atlet dalam meraih cita-cita," kata Nirmala usai meluncurkan mars berdurasi dua menitan itu di Jakarta, Kamis siang.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, prestasi bola basket Tanah Air sedang menuju ke era keemasan, karena sudah mulai banyak berprestasi di tingkat internasional, seperti meraih medali emas di SEA Games Vietnam 2021 oleh timnas 5x5 putra, medali emas untuk timnas 5x5 putri di SEA Games Kamboja 2023, dan lain-lain.
 
Ia menambahkan, setiap lirik dari mars tersebut akan menjaga api semangat para pelaku bola basket di Indonesia, untuk terus merasa memiliki dan bertanggung jawab atas prestasi olahraga nasional ke depannya.
 
Oleh sebab itu, selain wajib diputar di setiap kegiatan yang di bawahi PP Perbasi, mars itu juga akan diputar untuk kegiatan di tingkat daerah terkait olahraga bola basket.
 
Salah seorang personel grup musik Govinda sekaligus pencipta lirik mars tersebut, Ade Govinda, mengatakan lagu itu terinspirasi dari berbagai prestasi olahraga bola basket Indonesia dalam lima tahun terakhir yang semakin melesat maju, sehingga dirinya tergerak untuk mendukung Perbasi melalui karya musik.
 
"Sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi kami, dapat memberikan apresiasi kepada PP Perbasi melalui musik," ujar dia.
   
Berikut lirik mars Bola Basket Indonesia:
 
 
 
Kami berjanji untuk Merah Putih.
 
Menjadi patriot bola basket.
 
Semangat juara, junjung sportivitas, berpegang akhlak mulia.
 
Dari penjuru di Indonesia, berjuang pantang menyerah.
 
Kami gigih bertahan, transisi dan menyerang.
 
Kerja sama jadi juara.
 
 
 
Bola basket Indonesia, berjayalah di setiap arena.
 
Mengharumkan negara kita tercinta.
 
Hidup bola basket Indonesia.
 
Maju bola basket Indonesia.
 
Jaya bola basket Indonesia.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024