Dengan acara seperti hari ini juga bisa merambah dan bisa menguasai pasar lokal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyampaikan peluncuran serta perayaan Hari Gim Indonesia 2024 hari ini menjadi salah satu bentuk tahap realisasi percepatan pengembangan industri gim nasional.

“Hari ini merupakan salah satu milestone dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Hari ini dirayakan sebagai Hari Gim Indonesia yang oleh diusulkan teman-teman asosiasi gim waktu itu,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis.

Peluncuran Hari Gim Indonesia, lanjut dia, menjadi salah satu pencapaian untuk mengembangkan dan memperkuat industri gim nasional yang hingga kini tercatat Indonesia telah memiliki delapan gim lokal yang ke depan akan dipromosikan.

Guna mendongkrak pengembangan gim dalam negeri, dalam beberapa waktu ke depan turut disiapkan ajang pameran khusus untuk gim sehingga mampu menarik para pengembang gim untuk senantiasa berkarya.

Sementara itu, Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan Rifan Ardianto menuturkan, pihaknya siap mendukung gim lokal lewat beberapa kegiatan yang akan dihadirkan.

Kemendag juga bakal mendukung memperluas pangsa pasar lewat perwakilan dagang yang ada di beberapa negara lain.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan, lewat peluncuran hari gim ini pihaknya berharap pangsa pasar gim di luar negeri kian meroket.

“Dengan acara seperti hari ini juga bisa merambah dan bisa menguasai pasar lokal,” pungkasnya.

Baca juga: AGI optimistis pertumbuhan industri gim lokal terus positif
Baca juga: AGI: Perpres industri gim satukan persepsi dan strategi industri lokal

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024