InaRI Expo 2024 adalah momentum penting untuk memperlihatkan potensi, kapasitas, dan kemampuan komunitas periset dan aktivitas riset serta inovasi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2024 sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-29 yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.
 
Gelaran InaRI Expo digelar pada 8 – 11 Agustus 2024 di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Soekarno, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.
 
"Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian Hakteknas dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun ini yang menginjak usia ke-79," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko di KST Soekarno, Bogor, Kamis.
 
Handoko mengatakan InaRI Expo tidak hanya merupakan acara pameran, tapi juga  wadah pertemuan para periset, mahasiswa, serta pemangku kepentingan lainnya untuk saling berkolaborasi dalam mengembangkan riset dan inovasi nasional.

Baca juga: BRIN gelar pameran riset dan inovasi pada 8-11 Agustus 2024
 
Gelaran riset dan inovasi terbesar di Indonesia ini, kata dia, juga bukan hanya menjadi tolok ukur dari pencapaian riset dan inovasi karya anak bangsa, namun juga sebagai etalase dari kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia.
 
"InaRI Expo 2024 adalah momentum penting untuk memperlihatkan potensi, kapasitas, dan kemampuan komunitas periset dan aktivitas riset serta inovasi di Indonesia," ujarnya.
 
Gelaran yang mengusung tema “Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju” ini, kata Handoko, juga merupakan wujud nyata dari semangat gotong royong dan kerja keras masyarakat Indonesia, untuk membawa negara ini menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing.

Baca juga: BRIN: Inari Expo wadah jalin kerja sama riset dan inovasi
 
Gelaran InaRI Expo 2024 kali ini, lanjutnya, jauh lebih besar dibandingkan dengan penyelenggaraan sebelumnya.
 
Ia menjelaskan gelaran ini turut mengintegrasikan sejumlah acara besar seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS), pameran Perusahaan Pemula Berbasis Riset, UMKM, Indonesia Research and Innovatioan Fair (IRI Fair), dan Indonesia Inovator Lecture (IIL).
 
"InaRI Expo 2024 selain menampilkan hasil riset dan inovasi BRIN, juga diikuti oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, BUMN, industri berbagai skala termasuk UMKM, asosiasi, dan organisasi internasional," tutur Laksana Tri Handoko.

Baca juga: BRIN kembangkan kendaraan otonom untuk memudahkan aktivitas manusia
 
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024