Ini bentuk komitmen kami untuk mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme di UNS
Solo (ANTARA) - Rektor baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Hartono berkomitmen membebaskan kampus dari segala bentuk kekerasan seksual.

"Kami kan ada Satgas PPKS -Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual-, itu direstrukturisasi nanti akan kami tempatkan di bawah rektor," katanya usai pelantikan rektor di Solo Jawa Tengah, Kamis.

Dengan demikian, akan ada perhatian lebih khususnya untuk pencegahan adanya kekerasan seksual di lingkungan kampus.

"Prioritas kami adalah pencegahan kekerasan seksual maupun kekerasan lain di UNS. Kami ingin menjadikan kampus aman, termasuk bebas dari kekerasan seksual," katanya.

Selain memastikan tidak ada kekerasan seksual, pihaknya juga berkomitmen membangun UNS sebagai zona integritas.

"Ini bentuk komitmen kami untuk mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme di UNS. Ini bagian dari pakta integritas rektor, dengan begitu secara otomatis juga jadi pakta integritas seluruh civitas akademika kampus," katanya.

Sementara itu, Prof Hartono dilantik sebagai Rektor UNS masa jabatan 2024-2029 oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS Muliaman Darmansyah Hadad.

Terkait dengan hal itu, Muliaman berharap agar rektor baru tersebut terus diberikan kekuatan untuk melakukan amanah yang tidak kecil.

"Kami dari MWA optimistis Prof Hartono mampu melaksanakan ini, melihat pengalaman dan kapasitas yang bersangkutan. Harapannya berjalan lancar," katanya.

Mengenai target khusus dari MWA, ia berharap agar sesuai dengan yang dipresentasikan saat proses penjaringan sebelumnya, di antaranya membawa kekompakan internal dan membawa kembali kejayaan UNS.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024