Kami harapkan siswa bisa mengerti apa itu Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, hingga hak dan kewajiban perpajakan
Denpasar (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bali dengan seluruh unit kerja di kabupaten/kota di provinsi setempat, secara serentak menggelar kegiatan Pajak Bertutur di 12 sekolah, sebagai upaya untuk mengenalkan makna dan manfaat pajak kepada para siswa.

Kepala Kanwil DJP Bali Nurbaeti Munawaroh dalam keterangannya di Denpasar, Kamis, mengatakan dalam kegiatan Pajak Bertutur itu ia mengawali dengan menyemangati para siswa agar belajar dengan rajin dan tekun untuk mencapai cita-cita.

"Penduduk Indonesia sekarang berjumlah 281 juta dan generasi muda dengan usia produktif mencapai hampir 175 juta. Persaingan adik-adik di masa depan betul-betul ketat sehingga salah satu kontribusi nyata adik-adik adalah belajar dengan rajin dan tekun untuk mencapai cita-cita," ujarnya saat menghadiri kegiatan Pajak Bertutur di SMK Negeri 2 Denpasar.

Selain mengajak para siswa agar nantinya menjadi wajib pajak yang taat dan diperkenalkan berbagai jenis pajak, Nurbaeti juga mengajak untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Bali Waskito Eko Nugroho berharap dengan adanya kegiatan Pajak Bertutur ini, siswa yang merupakan calon wajib pajak semakin mengerti makna dan manfaat dari pajak.

Baca juga: DJP:  Realisasi pemadanan NIK sebagai NPWP di Bali capai 99 persen

Baca juga: DJP catat penerimaan pajak di Bali sudah terkumpul Rp6,63 triliun


"Seperti tagline kegiatan ini Sehari Mengenal, Selamanya Bangga. Kami harapkan siswa bisa mengerti apa itu Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, hingga hak dan kewajiban perpajakan. Dengan demikian, ketika sudah berpenghasilan, para siswa tidak bingung lagi bagaimana membayar pajak dan melaksanakan kewajiban perpajakannya," katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 2 Denpasar I Made Bajeggiarta menyampaikan terima kasih kepada Kanwil DJP Bali yang telah memilih SMK Negeri 2 Denpasar menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan Pajak Bertutur, dari 11 sekolah lainnya di Provinsi Bali.

Selama acara berlangsung, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan dengan diberikan kuis, permainan, dan sesi tanya jawab.

Kanwil DJP Bali juga memberikan hadiah kepada siswa yang sudah turut aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan Pajak Bertutur tersebut.

Baca juga: DJP Bali larang wajib pajak berikan gratifikasi ke pegawai pajak

Baca juga: DJP Bali catat 31.985 Wajib Pajak Badan lapor SPT Tahunan tepat waktu

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024