Beijing (ANTARA) - Pemerintah China masih enggan mengomentari penunjukan Gubernur Minnesota Tim Walz untuk mendampingi Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris dalam pemilu presiden 2024.

"Pemilu AS adalah masalah internal AS, dan China tidak berkomentar mengenai hal ini," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning di Beijing, Rabu (7/8).

Pada 6 Agustus 2024, Kamala Harris mengumumkan Gubernur Minnesota Tim Walz sebagai pasangannya dalam pemilu presiden 2024. Walz adalah mantan guru dan anggota Garda Nasional Angkatan Darat AS.

Pencalonan Walz muncul setelah Harris memenangi dukungan 99 persen dari semua delegasi yang berpartisipasi dalam pemungutan suara virtual Konvensi Partai Demokrat pada pekan lalu untuk mengamankan pencalonan presiden partai tersebut.

"Kami berharap Amerika Serikat dapat bekerja sama dengan China untuk saling bertemu, mengikuti prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai dan kerja sama yang saling menguntungkan," tambah Mao Ning.

Mao Ning juga berharap pemimpin AS yang baru dapat mendorong perkembangan hubungan China-AS ke arah yang stabil, sehat dan berkelanjutan serta memberikan manfaat bagi masing-masing negara maupun dunia.

Walz diketahui pernah mengajar di China selama setahun pada 1989 melalui program yang dijalankan Harvard sehingga ia disebut dapat berbicara sedikit bahasa Mandarin.

Pada 1994, ia dan istrinya Gwen menghabiskan bulan madu mereka di China, dalam perjalanan yang telah mereka atur untuk sekelompok mahasiswa.

Walz lahir pada 6 April 1964, di West Point, Nebraska, tumbuh besar dan bekerja di pertanian keluarganya di komunitas pedesaan di bagian barat laut negara bagian tersebut.

Setelah mendapatkan gelar sarjana dari Chadron State College, dia menerima posisi mengajar selama setahun dengan WorldTeach di China.

Setelah kembali ke AS, Walz memilih untuk mengajar dan menjadi pelatih di Alliance, Nebraska, di mana dia bertemu dengan istrinya, Gwen Whipple, yang sesama guru.

Dia menikah pada 1994 dan pindah dua tahun kemudian ke Mankato di Minnesota, negara bagian asal istrinya, di mana dia bekerja sebagai guru geografi dan pelatih di Mankato West High School.

Transisi Walz ke dunia politik ditandai dengan layanannya sebagai anggota Garda Nasional, termasuk penugasan ke Irak dalam mendukung Operasi Kebebasan Irak.

Baca juga: Meski tantangan meningkat, menlu China-AS sepakat jaga komunikasi
Baca juga: Kamala Harris pilih Tim Walz sebagai calon wakil presiden AS
Baca juga: Kamala Harris dan Tim Walz gelar kampanye umum perdana mereka

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024