Sampai saat ini terhitung 16 kendaraan yang sudah turunkan untuk menangani kebakaran
Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Jawa Barat, mengerahkan 16 armada pemadam kebakaran (damkar) guna mengatasi kebakaran besar di gudang penyimpanan sepatu di kawasan sentra oleh-oleh Cibaduyutg.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada pukul 10.05 WIB dan empat menit berselang petugas tiba di lokasi untuk memadamkan api di lokasi tersebut.

“Sampai saat ini terhitung 16 kendaraan yang sudah turunkan untuk menangani kebakaran,” kata Gungun di Bandung, Kamis.

Gungun mengatakan petugas yang menerima laporan warga pun langsung menuju lokasi kejadian untuk memadamkan kebakaran dengan kekuatan penuh karena api sangat cepat menjalar, khususnya di pemukiman padat penduduk.

Baca juga: Diskar PB Bandung kerahkan 14 unit damkar padamkan Pasar Simpang Dago

Ia menjelaskan api berasal dari sebuah gudang yang terbakar dan hampir sebagian besar berbahan dasar kulit, yang membuat api begitu cepat menyebar dengan mengeluarkan asap tebal.

“Tetapi karena ini kawasan padat penduduk, makanya kita optimalkan, turunkan seluruh unit mobil dari seluruh UPT dan dari markas pusat pun kita turunkan agar tidak terjadi perambatan kepada bangunan-bangunan yang terdekat,” katanya. 

Adapun terkait penyebab terjadinya kebakaran, petugas baru akan melakukan penyelidikan usai api berhasil memadamkan api dan melakukan pendinginan.

Baca juga: Gudang pabrik & eks hotel di Bandung kebakaran pada Minggu dini hari

“Untuk penyebab nanti setelah proses pendinginan, setelah kita yakin tidak ada titik api, karena ini khawatir ini sebagian besar material kulit yang menyimpan titik api. Kita harus yakin, biar tidak ada api-api yang menyala kembali,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena tidak ada pegawai gudang yang sedang bekerja saat kebakaran berlangsung.

“Alhamdulillah objek terbakar dalam keadaan kosong, karena memang sekarang pola penjualannya online. Jadi ketika ada pembelian, baru si pegawai ngambil ke gudang tersebut,” kata Gungun.

Baca juga: Kerugian akibat kebakaran gudang pabrik sepatu capai Rp600 juta
Baca juga: Bangunan pabrik sepatu di Wadung Asri Sidoarjo terbakar


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024