Moskow (ANTARA) - Parlemen Bulgaria telah mengadopsi dalam pembacaan akhirnya sebuah undang-undang tentang peralihan ke euro sebagai mata uang nasional, lapor Kantor Berita Bulgaria.

RUU tersebut mengatur prinsip, kerangka kerja, dan prosedur untuk memperkenalkan euro di Bulgaria, menetapkan aturan untuk peralihan ke euro dan memperkenalkan periode transisi yang akan memberikan waktu bagi warga untuk beradaptasi dengan mata uang baru, kata laporan tersebut pada Rabu.

Tanggal pengenalan euro ke dalam sirkulasi di Bulgaria masih belum diketahui, karena akan disetujui oleh Dewan Uni Eropa terlebih dahulu, tambah laporan tersebut.

Setelah undang-undang tersebut mulai berlaku, Bulgaria akan mempertahankan rezim penggunaan dua mata uang secara setara - lev Bulgaria dan euro - selama satu bulan.

Pada akhir periode transisi, lev Bulgaria harus sepenuhnya ditarik dari peredaran, lapor kantor berita tersebut.

Pada  Juni, Televisi Nasional Bulgaria melaporkan, mengutip sumber-sumber, bahwa Bulgaria belum memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk beralih ke euro dan tidak akan dapat bergabung dengan zona euro hingga 1 Januari 2026.

Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Presiden Bulgaria pertanyakan kapan Ukraina jadi anggota NATO
Baca juga: Yunani, Bulgaria, Rumania bangun koridor mobilitas militer
Baca juga: Bulgaria secara parsial resmi jadi anggota zona Schengen
​​​​​​​


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024