Ankara (ANTARA) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan selama percakapan telepon dengan mitranya dari Venezuela, Nicolas Maduro, bahwa Ankara akan terus mendukung dialog politik di Caracas.

"Selama percakapan tersebut, hubungan bilateral antara Turki dan Venezuela, isu-isu regional dan global dibahas.

Presiden Erdogan menyatakan harapannya agar pemilihan di Venezuela bermanfaat, menyatakan bahwa Turki akan terus mendukung proses dialog di Venezuela, dan mengharapkan perdamaian, kemakmuran, dan kesejahteraan bagi rakyat Venezuela," kata kantor pemimpin Turki tersebut.

Erdogan mengatakan bahwa ia sangat menghargai dukungan Venezuela terhadap perjuangan Palestina melawan "penindasan Israel."

Maduro mengajukan klaim perlindungan konstitusional pada 31 Juli dengan Mahkamah Agung Venezuela untuk menyelidiki dugaan campur tangan pemilihan yang digambarkannya sebagai upaya kudeta.

Elvis Amoroso, Ketua Dewan Pemilihan Nasional Venezuela (CNE), mengatakan pada Senin bahwa ia telah menyerahkan 30.000 protokol dari tempat pemungutan suara ke kamar pemilihan Mahkamah Agung negara itu untuk verifikasi yudisial atas hasil pemilihan 28 Juli, di mana Presiden petahana Maduro telah dinyatakan sebagai pemenang.

Setelah pemilihan presiden di Venezuela, protes meletus di negara tersebut; bentrokan kekerasan antara petugas penegak hukum dan pengunjuk rasa terjadi di Caracas dan kota-kota lainnya, yang mengakibatkan lebih dari 2.000 orang ditahan.

Anggota parlemen AS dan Eropa yang bertanggung jawab atas urusan luar negeri mengeluarkan pernyataan bersama pada 2 Agustus yang mengklaim pemimpin oposisi Edmundo Gonzalez memenangkan pemilihan presiden Venezuela dan berjanji untuk menuntut Maduro jika ia menolak untuk menyerahkan kekuasaan.

Sebaliknya Moskow mengatakan oposisi Venezuela harus mengakui kekalahan dalam pemilihan.

Selain itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan negara-negara ketiga untuk tidak mendukung upaya untuk mengacaukan situasi di dalam Venezuela.

Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Blinken, Guterres bahas dukungan untuk proses demokratis di Venezuela
Baca juga: Presiden Panama akan gelar KTT regional soal pilpres Venezuela
Baca juga: Tujuh negara EU desak Venezuela transparan dalam penghitungan suara


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024