Washington (ANTARA) - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kini sedang mengerjakan rencana darurat untuk menjaga para astronot AS yang terjebak; Barry "Butch" Gilmore dan Sunita "Suni" Williams, di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama enam bulan lagi hingga Februari 2025.

NASA berencana menerbangkan mereka kembali dengan misi reguler SpaceX Dragon, kata pejabat senior badan antariksa AS kepada konferensi pers media pada Rabu.

"Kami telah bekerja untuk kemungkinan mengembalikan (kru Boeing Starliner Gilmore dan Williams) ke rumah dengan Crew 9 pada bulan Februari," kata Manajer Program Kru Komersial NASA Steve Stich kepada wartawan.

NASA telah mengeluarkan perintah tugas kepada SpaceX, yang memproduksi dan memelihara pesawat ruang angkasa DragonX yang secara teratur digunakan untuk mengangkut astronot AS ke dan dari ISS, untuk menambahkan kursi tambahan agar penerbangan kembali Crew 9 dapat membawa mereka pulang, kata Stich.

"Kami memiliki opsi untuk mengembalikan empat astronot. Kami sebenarnya telah mengeluarkan perintah tugas kepada SpaceX untuk menempatkan empat kursi di (Dragon)," katanya.

Gilmore dan Williams dijadwalkan untuk tinggal di ISS selama dua minggu dan kini telah berada di sana selama lebih dari dua bulan, dengan kemungkinan tinggal tujuh bulan lagi hingga Februari mendatang.

Para insinyur NASA dan Boeing masih bekerja untuk mengatasi masalah bahwa lima dari 28 pendorong Boeing Starliner yang membawa mereka ke ISS pada bulan Juni gagal selama misi, dan lima kebocoran helium melalui segel yang rusak juga terdeteksi.

Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Pakar: AS gagal rintangi capaian mengesankan China di luar angkasa
Baca juga: NASA batalkan proyek VIPER untuk mencari es di kutub selatan Bulan
Baca juga: NASA dan Boeing luncurkan misi berawak pertama Starliner ke ISS


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024